nusabali

Hari Ini, Guwang Village Festival Dibuka

  • www.nusabali.com-hari-ini-guwang-village-festival-dibuka

GIANYAR, NusaBali
Masyarakat Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar,   lintas generasi akan meluapkan kegembiraan melalui Guwang Village Festival (GVF).

Festival menghadirkan pameran 51 UMKM lokal, hiburan dan lomba-lomba ini, akan dibuka oleh Bupati Gianyar Made Mahayastra, Jumat (22/4) pukul 16.00 Wita. Festival berlangsung hingga Minggu (24/4).  Ketua Panitia Guwang Village Festival Kadek Agus Mudita didampingi panitia lain saat mempersiapkan Pameran UMKM Guwang Village Festival di halaman parkir Objek Wisata Hidden Canyon, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kamis (21/4) menjelaskan dibukanya GVF bertepatan dengan Hari Bumi. Memaknai itu akan ada penuangan cairan eco enzym di Sungai Beji Guwang. "Guna menjernihkan, memurnikan kembali air sungai yang tercemar oleh limbah rumah tangga," jelas Kadek Agus. Selain itu akan ada penanaman pohon dan pameran Bonsai. Festival ini tanpa jasa even organizer (EO), melibatkan SDM unggul potensial desa. "Anggaran Rp 460 juta, sepenuhnya kami didukung sponsor. Betul-betul menjadi kegiatan masyarakat Guwang, sinergi antara adat dan dinas," ungkapnya. GVF yang pertama kali ini diharapkan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat. Terutama UMKM baru yang muncul saat pandemi, bisa menjadi sektor riil yang akan menunjang perekonomian.

Dari 51 tenda UMKM, pengunjung bisa mencicipi 19 kuliner dan memilih produk ekonomi kreatif seperti kain, clothing inovasi, dan sejenisnya. Lintas generasi dipastikan mendapatkan porsi masing-masing. Mulai dari anak-anak melalui lomba mewarnai dan menari Bali, remaja lewat lomba fotografi, hingga senam aerobik PKK dan lansia dengan kegiatan yoga. Selama 3 hari, Kadek Agus menargetkan 10.000 kunjungan. "Seluruh masyarakat Desa Guwang kami pastikan hadir, karena masing-masing sudah memegang voucher belanja. Belum lagi pecinta kuliner fanatik, dan anak muda penikmat musik," ungkapnya.

Sejumlah band lokal dan kenamaan di Bali akan tampil. Sebut saja misalnya Joni Agung N Double T, Kiss Band, Leonk Sinatra, dan sejumlah band lokal. Turut menjadi daya tarik kunjungan adalah keberadaan Taman Wisata yang asri dan suasana Ngarai Hidden Canyon yang sejuk.

Masyarakat luar Desa Guwang yang ingin berkunjung akan dikenakan tiket Rp 25.000. Tiket tersebut sudah termasuk voucher belanja Rp 10.000.*nvi

Komentar