nusabali

Kunjungi Pameran Bali Bangkit 2022, Bupati Sanjaya Apresiasi Pelaku IKM

Optimistis Kuliner Khas Tabanan Menjadi Primadona

  • www.nusabali.com-kunjungi-pameran-bali-bangkit-2022-bupati-sanjaya-apresiasi-pelaku-ikm

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengajak semua pelaku industri kecil menengah (IKM) tidak henti berkarya dan berinovasi.

Sikap tersebut  merupakan salah satu bentuk dukungan, membangkitkan semangat membangun Bali. Bupati optimistis kuliner khas Tabanan akan menjadi primadona dalam pameran tersebut.

“Pelaku IKM sangat penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi Bali,” ujar Bupati Sanjaya didampingi Ketua Dekranasda Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Sanjaya saat mengunjungi pelaku IKM Tabanan, salah satunya produk kuliner, di Pameran Bali Bangkit ke-3 tahun 2022 di Art Center, Denpasar, Selasa (19/4). Dikatakannya produk olahan kuliner Tabanan memerlukan support semua kalangan agar mampu meningkatkan gairah kuliner di Tabanan. Terkait hal itu, Bupati Sanjaya menekankan agar Perusahaan Daerah (Dharma Santhika) selalu mendampingi para pelaku IKM sehingga bisa membantu perkembangan usahanya.

“Kalau bisa, bikinkan list katalog semua kuliner yang ada di Tabanan lengkap dengan alamat, nomor telepon, dan linknya. Buat list katalog dan taruh di lobi (Kantor Bupati). Nanti, kalau ada kunjungan kerja dari beberapa daerah di luar Tabanan, nanti kita berikan list katalog kuliner top Tabanan seperti Entil Sanda, Betutu Biang Koripan ataupun Kelepon Setan,” ujar Bupati Sanjaya menyebut beberapa jenis kuliner khas Tabanan. Menurut Bupati Sanjaya, hal itu menjadi salah satu trik menarik pembeli dan sebagai ajang promosi. Bupati Sanjaya optimistis produk kuliner Tabanan mampu jadi primadona.Di samping itu, Bupati Sanjaya memuji hasil produksi pelaku IKM lain yang dipandangnya tidak kalah variatif. Orang nomor satu di Tabanan itu takjub dan memberi apresiasi karena meski di masa pandemi, tetap berkarya dengan ide-ide yang inovatif untuk menghasilkan produk.

Salah satu contoh produk inovatif tersebut tempat dupa dengan bahan dari besi yang tentu tahan api, sehingga aman dipakai sehari-hari. “Inilah suatu model handicraft yang inovatif. Saya bangga, saya memberikan apresiasi. Meski di masa pandemi tapi semangatnya untuk melakukan kreativitas ini tetap terjaga. Ini sangat luar biasa sekali,” puji Bupati Sanjaya.

Ketua Dekranasda Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya menambahkan, salah satu tujuan mengajak para pelaku IKM berpameran meningkatkan pangsa pasar, sehingga lebih dikenal, bahkan mampu bersaing di tingkat nasional hingga internasional.

“Pameran ini merupakan ajang promosi bagi para pelaku IKM kita untuk memasarkan produknya. Mari bersama-sama kita bangkit membangun perekonomian Tabanan khususnya dan Bali pada umumnya,” tutur Ny Rai Wahyuni Sanjaya.

Mewakili seluruh pelaku IKM, Alit Ari Jonari Casanova (Betutu Biang Koripan), mengatakan ini adalah aksi nyata pemerintah peduli dan perhatian kepada pelaku IKM. Dia merasa terbantu dalam keikutsertaannya di Pameran Bali Bangkit ini. *k17

Komentar