nusabali

Tingkat Hunian Hotel Alami Peningkatan

  • www.nusabali.com-tingkat-hunian-hotel-alami-peningkatan

MANGUPURA, NusaBali
Seiring dengan meningkatnya penerbangan rute internasional ke Bali, serta momentum Ramadan, tingkat hunian hotel di kawasan Kuta mulai menggeliat.

Salah satu hotel yang merasakan dampak tersebut adalah Discovery Kartika Plaza Hotel and Villa. Saat ini, tingkat hunian hotel tersebut berada di kisaran 60 persen, meningkat dibandingkan sebelumnya yang hanya berkisar 10-20 persen.

Senior Sales Manager Discovery Kartika Hotel Natalie Putri Febrianto, mengatakan saat ini tingkat hunian hotel meningkat. Dari 316 kamar yang tersedia, tingkat hunian sudah mencapai di angka 60 persen. Dari jumlah tersebut, 30 persen di antaranya berasal dari wisatawan mancanegara (wisman).

“Saat ini hunian mulai meningkat, baik untuk wisatawan domestik (wisdom) maupun internasional. Kami juga masih menerima bookingan saat libur Lebaran,” ujarnya, Selasa (19/4).

Sejak pertengahan Maret lalu, pihaknya sudah menerima bookingan untuk wisman. Hal itu ditambah dengan bookingan wisdom yang mulai muncul di pertengahan Ramadan. Pencapaian saat ini diakuinya bisa dibilang menjadi pencapaian tertinggi di masa pandemi. Hal itu tidak terlepas dari sejumlah aturan yang diterbitkan pemerintah, seperti penurunan level PPKM, open border, peniadaan tes antigen dan PCR, serta peniadaan masa karantina. “Adapun asal dari wisatawan internasional yang mendominasi bookingan hotel tersebut, yaitu Australia, Cina dan India, Eropa, dan Asia,” sebutnya.

Jika dibandingkan sebelum pandemi, lanjut Natalie, hunian kamar hotel berkisar 80-100 persen. Kendati kondisi saat ini belum pulih, pihaknya mengaku cukup bersyukur atas pencapaian saat ini. Dia berharap kondisi pariwisata Bali bisa kembali pulih dan kunjungan wisatawan semakin ramai, sehingga tingkat hunian bisa kembali mencapai 100 persen. “Untuk penerapan tarif kami masih fleksibel. Jadi menyesuaikan dengan kondisi pemulihan, termasuk memberikan sejumlah promo,” tandasnya. *dar

Komentar