nusabali

Undiknas Buka Program Doktor Ilmu Manajemen

  • www.nusabali.com-undiknas-buka-program-doktor-ilmu-manajemen

DENPASAR, NusaBali
Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) atau Undiknas University menambah program studinya dengan membuka program doktoral (S3) Ilmu Manajemen.

Ini sekaligus merupakan program doktor pertama yang ditawarkan Undiknas.  Hal itu disampaikan Rektor Undiknas Prof Dr Ir Nyoman Sri Subawa ST, SSos, MM, IPM, pada launching penerimaan mahasiswa baru Program Doktor Ilmu Manajemen tahun akademik 2022/2023 Undiknas, di kampus Undiknas, Jalan Bedugul, Denpasar, Senin (18/4).

“Hari ini sesuai dengan SK Kemendikbudristek tanggal 21 Maret 2022, secara resmi Undiknas memiliki Program Studi Doktor Ilmu Manajemen dan menjadi cemeti (cambuk) buat kami untuk memberikan kualitas pembelajaran dan memberikan kontribusi kepada masyarakat berdasarkan pada hasil-hasil riset,” ujar Prof Sri Subawa.

Prof Sri Subawa mengatakan, Program Doktor Ilmu Manajemen menawarkan satu peminatan yang sangat relevan dengan kondisi saat ini, di mana hampir seluruh sendi kehidupan berbasis pada teknologi digital, yakni manajemen bisnis digital.

Dikatakan, peminatan Manajemen Bisnis Digital Undiknas merupakan satu-satunya peminatan Manajemen Bisnis Digital yang ditawarkan pada tingkat doktoral di Indonesia. “Satu-satunya di Indonesia khususnya untuk Program Doktor Ilmu Manajemen,” kata Prof Sri Subawa.

Mahasiswa, tambah Prof Sri Subawa, nantinya akan diprogram untuk mengikuti pendidikan selama tiga tahun atau 6 semester. Adapun perkuliahan perdana akan dilangsungkan pada Agustus 2022.

Sementara itu, Ketua Program Doktor Ilmu Manajemen Undiknas Agus Fredy Maradona SE, MSA, PhD, Ak, menuturkan bahwa fokus utama pendidikan doktoral adalah melakukan kegiatan riset.

Dimulai dengan mengajukan proposal penelitian disertasi, lanjut melaksanakan riset, mempertahankan hasil riset di depan dewan penguji, hingga mempublikasikan hasil riset pada jurnal ilmiah bereputasi internasional.

“Kurikulum di Program Doktor Ilmu Manajemen ini akan diarahkan untuk utamanya membangun kemampuan riset, untuk bisa melaksanakan riset sesuai dengan kaidah keilmuan dan metodologi yang tepat,” tutur Fredy yang meraih gelar doktor dalam bidang Accounting and Corporate Governance dari Macquarie University, Australia.

Namun demikian, dikatakannya selama mengikuti pendidikan mahasiswa juga akan mengikuti perkuliahan di kelas, terutama pada semester I dan II.

Para pengajar Program Doktor Ilmu Manajemen Undiknas nantinya adalah para dosen Undiknas dengan kualifikasi pendidikan doktor dalam bidang ilmu manajemen. Sebagian merupakan guru besar di bidang manajemen.

Undiknas juga menjamin pengalaman mengikuti program akan berkesan dengan berbagai fasilitas penunjang yang disediakan yang semuanya berbasis teknologi digital (IoT). Seperti misalnya Smart Classroom, Integrated Library, Individual Study Room, Theater Room, hingga Cafe dan Co-Working Space.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar program dapat mengunjungi website resmi Undiknas per 18 April 2022, dan proses pendaftaran semuanya dilakukan secara online.

Persyaratan yang diberikan kampus dengan tagline Technoresearch University di antaranya adalah calon mahasiswa harus lulusan program magister dengan IPK minimal 3.00 (skala 4), memiliki sertifikat TOEFL ITP yang masih berlaku, memiliki rancangan usulan penelitian untuk disertasi, dan lulus tes seleksi penerimaan mahasiswa baru.

“Bagi calon mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan di luar ekonomi dan bisnis nantinya akan mengikuti kuliah matrikulasi terlebih dahulu,” tambah Fredy.

Untuk diketahui, dengan adanya Program Studi Doktoral pertama, Undiknas menambah program studi yang ditawarkannya, yang sebelumnya sudah memiliki 9 program studi S1 dan 3 program studi S2. *cr78

Komentar