nusabali

Pasraman Selemadeg Buka BLK Kesehatan Tradisional

  • www.nusabali.com-pasraman-selemadeg-buka-blk-kesehatan-tradisional

TABANAN, NusaBali
Setelah diresmikan pada Minggu (17/4), Balai Latihan Kerja (BLK) Kejuruan Kesehatan Tradisional  Pasraman Dharma Sidhi Sudha Pratama di Banjar Selamedeg Kaja,  Desa/Kecamatan Selamadeg bersiap-siap menerima peserta didik.

Diperkirakan pada pertengahan tahun ini peserta didik sudah bisa mendapat pelatihan ketrampilan dari BLK  yang merupakan program bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) tersebut.

“Diklat direncanakan bisa dimulai setelah peralatan seperti meubeler, peralatan dari Kemenaker dan lainnya lengkap, pada Juni depan,” kata Ketua Pasraman Dharma Sidhi Sudha Pratama, Jro Mangku Wayan Gede Suparta atau Jro Mangku  Andre, Senin (18/4).

Dikatakan Jro Mangku Andre, untuk instruktur juga sudah dimohonkan ke Pusat. Sementara menunggu  petunjuk dan  bantuan peralatan serta instruktur dari pusat, BLK  akan difungsikan untuk pelatihan usada (pengobatan tradisional). “Kami akan upayakan untuk usada (pengobatan tradisional) juga,” ujarnya.  Usada yang dimaksud melingkupi juga mengenal aneka tumbuhan obat tradisional berdasarkan lontar Taru Pramana.

BLK Kejuruan Kesehatan Tradisional  Pasraman Dharma Sidhi Sudha Pratama dibangun di atas tanah seluas 500 meter persegi. Fasilitas ruangan diantaranya ruang instruktur, ruang teori, ruang praktik dan gudang. Bangunan  gedung bantuan dari Kemenaker ini difasilitasi  anggota Komisi IX DPR RI, I Ketut Kariasa Adnyana.

Hal itu bermula pertemuan antara Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan dengan Ketut Kariasa Adnyana di rumah jabatan Gubernur Bali Wayan Koster di Gedung Jaya Sabha, Denpasar, beberapa bulan sebelumnya.

Dari pertemuan itulah, kata  Wabup Edi Wirawan,  terungkap adanya  progam  BLK diberikan Kemenaker yang bisa segera diwujudkan. “Sekarang ini di tempat ini kita mampu wujudkan bangunan ini (BLK),” kata Wabup Edi Wirawan pada saat peresmian BLK tersebut  Minggu (17/4).

Wabup  Edi Wirawan meminta agar gedung BLK untuk work shop untuk  kesehatan tradisional  dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu,  Edi Wirawan mengingatkan pengelola  membuat manejemen yang cukup baik. “Saya yakin tempat ini bisa diarahkan hal-hal yang positif,” ujar Wabup Edi Wirawan.

Sementara itu I Ketut Kariasa Adnyana berterimakasih kepada   Pemkab Tabanan, karena  telah membantu memfasilitasi program kementerian (Kemenaker) sehingga gedung BLK yang bergerak dalam bidang kesehatan tradisional bisa terwujud. “Ini bagus sekali,” ujarnya. Keberadaan BLK tersebut,  diharapkan mampu meningkatkan SDM Bali. Keterampilan dari BLK nanti, diharapkan bisa  mengurangi angka pengangguran.

Selama ini lanjut politisi PDIP asal Desa/Kecamatan Busungbiu, Buleleng, banyak peluang kerja di luar negeri diambil Filipina, India, Thailand. Hal itu, karena Indonesia, masih terkendala masalah SDM. *k17

Komentar