nusabali

Super Woman! Wanita Bali Sunggi Banten Pajegan Setinggi 2,5 Meter dan Berat 50 Kilogram

  • www.nusabali.com-super-woman-wanita-bali-sunggi-banten-pajegan-setinggi-25-meter-dan-berat-50-kilogram

GIANYAR, NusaBali.com - Pesona wanita Bali bukan hanya kecantikan semata, namun kekuatan fisik juga ditunjukkan dengan kemampuan nyuwun (menyunggi) banten pajegan yang memiliki tinggi 2,5 meter dan berat mencapai 50 kilogram!

Banten Pajegan ini terdiri dari susunan buah, jajan Bali seperti Satuh, Iwel, Catut, Taluh Kakul. Dan yang paling khas, banten pajegan yang disunggi berisi sembilan  ayam panggang.  Banten yang disunggi itu pun bukan dijunjung dalam waktu sekejap saja, melainkan dilakukan dengan cara berjalan menempuh jarak 1 kilometer dalam waktu 30 menit.

Pemandangan ini dapat dilihat pada Minggu (17/4/2022) pagi di Desa Adat Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. 

Dua wanita terlihat menyunggi banten pajegan yang menjulang tinggi pada saat upacara Pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh di Kahyangan Jagat Pura Samuantiga,  Desa Adat Bedulu. Tak ayal foto-foto unik itu pun langsung viral.

Dua wanita yang viral ini adalah Gusti Ayu Nyoman Mudiani, 48, dan Ni Wayan Siki, 55. Mereka berjalan sambil menyunggi banten pajegan dari rumahnya Banjar Batulumbang menuju Pura Samuantiga pada pukul 08.00 Wita.

Kedua wanita ini pun sudah puluhan kali melakuka tradisi ini, dan astungkara Banten Pajegan yang menjulan tinggi tersebut tidak pernah sampai jatuh. "Selama ini astungkara tidak pernah ada halangan. Tidak pernah jatuh," ungkap 

Gusti Ayu Nyoman Mudiani. Namun untuk antisipasi, selama perjalanan menuju pura, selalu dikawal sejumlah orang untuk berjaga-jaga. * nvi 

Komentar