nusabali

KMHDI Buleleng Dorong Pariwisata Bali Utara

  • www.nusabali.com-kmhdi-buleleng-dorong-pariwisata-bali-utara

SINGARAJA, NusaBali
Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Indonesia (PC KMHDI) Buleleng menggelar Training of Trainer (TOT) di Gedung Mr I Gusti Ketut Pudja (Imaco) Buleleng, Minggu (17/4).

Kegiatan diikuti secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menkraf) Sandiaga Uno, sedagkan Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Ahmad Rekotomo hadir langsung di tengah mahasiswa.

Dalam sambutan secara virtual, Sandiaga memberi  apresiasi terhadap kegiatan yang digelar oleh kader KMHDI. Apa yang menjadi latar kegiatan sejalan dengan program Kemenparekraf terkait pariwisata. Mengingat, saat ini sedang mengembangkan program Desa Wisata.

"Generasi muda memang sepatutnya mampu mendukung pariwisata di daerah asalnya. Hal itu didukung dengan program kita di Kemenparekraf soal pengembangan desa wisata dengan membuat program berkelanjutan untuk mendukung kemajuan pariwisata di Bali," kata Sandiaga.

Ketua Pimpinan Cabang KMHDI Buleleng Ni Luh Sinta Yani mengatakan, PC KMHDI Buleleng sebagai salah satu organisasi pemuda di Buleleng mendukung Pemerintah Daerah membangkitkan pariwisata di Bali Utara dalam wujud promosi dan sajian ragam produk UMKM di Buleleng.

Selain itu, TOT adalah salah satu program kaderisasi lanjutan yang bertujuan untuk melatih pendidik kaderisasi di KMHDI sebagai trainer handal. Dalam kegiatan tersebut diikuti sekitar 77 kader yang berasal dari PC dan Pimpinan Daerah (PD) KMHDI se-Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan DI  Yogyakarta (Jabanusra-Istimewa).

Sementara itu Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi RI, Ahmad Rekotomo menyampaikan, adanya destinasi desa wisata yang ada di Bali, khususnya Buleleng dapat meningkatkan minat dari wisatawan yang ingin berwisata. Sehingga, nantinya sektor pariwisata dapat mendukung ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19.

"Selain dengan meningkatkan pada sektor pariwisata dapat juga menyerap tenaga kerja. Tahun 2021, salah satu desa di Buleleng mendapat anugerah desa wisata," ucap Rekotomo.

Kegiatan TOT ini dirangkaikan dengan Seminar Kewirausahaan, Kebudayaan, dan Pariwisata  serta Promosi UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Buleleng, sebagai salah satu upaya PC KMHDI Buleleng mempromosikan daerah yang terkenal dengan nyegara gunungnya. "Kami berupaya mendorong kembali UMKM di Buleleng untuk pulih setelah adanya pandemi Covid19," harap Ni Luh Sinta Yani. *mz

Komentar