nusabali

Buleleng-Karangasem Gelar OSN SMP

  • www.nusabali.com-buleleng-karangasem-gelar-osn-smp

Mereka yang dikirim ke provinsi juga memiliki kesempatan untuk melaju ke jenjang OSN tingkat nasional pada 2-8 Juli mendatang di Pekanbaru, Riau.

Jaring Siswa Terbaik untuk Diadu di Tingkat Provinsi dan Nasional


SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 192 siswa perwakilan dari 63 SMP negeri dan swasta di Buleleng mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2017 tingkat Kabupaten Buleleng, Sabtu (11/2). Mereka yang bersaing untuk dapat menjadi yang terbaikdalam tiga mata pelajaran yang dilombakan, yakni Matematika, IPA dan IPS. Seluruh peserta kembali akan mengikuti tes pada, Senin (13/3) hari ini untuk menentukan hasil terbaik di masing-masing mata pelajaran. Tak hanya di Buleleng, seleksi serupa juga digelar di Karangasem.

Seleksi OSN tingkat kabupaten ini merupakan agenda tahunan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng untuk mencari bibit-bibit berbakat di bidang akademik khususnya di mata pelajaran Matematika, IPA dan IPS. Mereka yang terbaik di bidangnya akan mendapatkan kesempatan untuk berlomba di tingkat yang lebih tinggi untuk mewakili Buleleng.

Kepala Disdikpora Buleleng, Gede Suyasa mengatakan pihaknya mengharuskan setiap sekolah mengirimkan siswa terbaiknya di bidang mata pelajaran Matematika, IPA ataupun IPS, untuk menunjukkan kemampuannya. Hal tersebut merupakan satu upaya menanamkan sikap kompetitif dan kerjasama sejak dini pada generasi penerus bangsa. “Kemarin mereka sudah mengikuti tes tulis, besok (hari ini) masih ada tes praktek untuk peserta OSN IPA. Mereka juga langsung dinilai dari juri yang ditunjuk langsung oleh provinsi,” ujar dia.

Dalam pelaksanaan OSN ini pihaknya pun mengatakan bahwa pemerintah pusat memiliki target untuk membangkitkan minat siswa mencintai dan memupuk kegemarannya di salah satu bidang studi. Sementara itu seluruh peserta OSN tingkat kabupaten Buleleng nampak mengikuti seleksi cukup ketat. Mereka yang merupakan siswa-siswa terbaik dari masing-masing sekolahnya, berlomba untuk mendapatkan peringkat teratas. Dalam seleksi tersebut mereka yang ada di posisi tiga teratas di masing-masing mata pelajaran akan mewakili Buleleng ke jenjang OSN tingkat Provinsi yang diselenggarakan pada 6 Mei mendatang di Denpasar.

Tidak hanya itu mereka yang dikirim ke provinsi juga memiliki kesempatan untuk melaju ke jenjang OSN tingkat nasional pada 2-8 Juli mendatang di Pekanbaru, Riau, apabila berhasil menumbangkan lawan-lawannya dari kabupaten dan kota yang ada di Bali. Tak hanya di Buleleng, di Karangasem seleksi OSN SMP juga digelar. Sebanyak 126 siswa terbaik dari 42 SMP di Karangasem diuji dalam tiga mata pelajaran, yakni Matematika, IPA dan IPS. Ketua Panitia, I Ketut Sudana mengatakan, nantinya tiap mata pelajaran meloloskan tiga siswa sesuai ranking, kemudian menjalani pembinaan sebelum diadu di OSN Provinsi Bali.

“Peserta OSN sebelumnya dapat pembinaan dari kabupaten. Enam pembina yang bertugas memberikan materi OSN, yakni I Komang Gede Sudarsana, I Putu Setiabudi, Ni Putu Sri Andayani, AA Sri Mirah Novayanti, Wayan Suriasa,  dan Ni Luh Sandiasih,” ujar Sudana di sela pelaksanaan OSN di SMPN 5 Amlapura, Sabtu (11/3).

Pembinaan selama 10 kali, hanya saja, menurut pembina I Komang Gede Sudarsana rata-rata siswa mengalami kesulitan menjawab soal. Sebab, tingkat kesulitan soal untuk OSN jauh lebih tinggi dibandingkan di sekolah. “Makanya perlu pengalaman melatih soal-soal yang lebih banyak. Memang benar-benar siswa yang cerdas mampu menjawab, karena kesulitan soal di OSN sangat berbeda dengan di sekolah pada umumnya,” kata Sudarsana didampingi Pembina lainnya, Pembina AA Sri Mirah Novayanti.* k23, k16

Komentar