nusabali

PGSDT Bantu Biaya Perbaikan Gedong Pura Dadia Pulasari

  • www.nusabali.com-pgsdt-bantu-biaya-perbaikan-gedong-pura-dadia-pulasari

AMLAPURA, NusaBali
Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (PGSDT) Karangasem spontanitas menghimpun dana punia untuk membantu perbaikan gedong simpen Pura Dadia Pulasari yang terbakar.

PGSDT Karangasem berhasil mengumpulkan dana punia sebesar Rp 5,4 juta. Ketua PGSDT Karangasem, I Wayan Suwita Ariana, menyerahkan bantuan dana punia Rp 5,4 juta dan daun kori kepada pangempon Pura Dadia Pulasari di Banjar Tengah, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (13/4). Bantuan diterima Kelian Pangempon I Nengah Diasih.

Wayan Suwita mengungkapkan, daun kori yang diberikan kepada pangempon Pura Dadia Pulasari merupakan bantuan dari I Ketut Marsa. Penyerahan dana punia dan daun kori dihadiri Kelian PGSDT Kecamatan Manggis I Wayan Simpen, Kelian Forum Pamangku PGSDT Karangasem Jro Mangku Nyoman Rinta, Pengurus Forum Pemuda PGSDT Karangasem, dan anggota Forum Bala Praja. “Dana punia ini terkumpul secara spontan dari PGSDT se-Karangasem untuk meringankan beban pangempon Pura Dadia Pulasari. Kebetulan kami punya rekening peduli kasih PGSDT,” jelas Wayan Suwita. Mantan Bendesa Adat Gegelang ini menegaskan, PGSDT berupaya membantu krama yang kena musibah dan krama kurang mampu.

Gedong simpen Pura Dadia Pulasari di Banjar Tengah, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Karangasem terbakar, Jumat (1/4). Pratima, pralingga, pangangge, dan tigasan di gedong simpen ludes terbakar. Diperkirakan kebakaran disebabkan percikan api dupa. Pratima yang terbakar berupa patung Bhatara Bhatari terbuat dari uang kepeng. Ada juga pratima berupa bunga emas dan lainnya. *k16

Komentar