nusabali

MKKS Jaring Siswa Menuju KSN Tingkat Provinsi

  • www.nusabali.com-mkks-jaring-siswa-menuju-ksn-tingkat-provinsi

AMLAPURA, NusaBali
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri di Karangasem mengagendakan Kompetensi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kabupaten Karangasem pada tanggal 23-26 Agustus 2022.

KSN untuk menjaring wakil Karangasem berlaga di KSN Tingkat Provinsi Bali. KSN melombakan 9 mata pelajaran yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi, dan Komputer.

Ketua MKKS SMA Negeri Karangasem, Wayan Sugiana menegaskan, siswa yang lolos ke KSN Tingkat Provinsi Bali berdasarkan passing grade. “KSN untuk menjaring siswa berbakat. Setiap siswa hanya boleh ikut satu lomba. Peserta KSN adalah siswa yang belum pernah meraih medali emas KSN kabupaten, KSN provinsi, dan KSN nasional juga prestasi internasional,” jelas Wayan Sugiana, Rabu (13/4). Peserta KSN dilarang meninggalkan ruang kelas sebelum lomba berakhir dan dilarang menyontek pekerjaan peserta lain.

Peserta tidak dibolehkan menggunakan joki, mendokumentasikan soal, dan menyebarluaskan soal. “Pengawas menggunakan aplikasi zoom,” jelas mantan Kasek SMAN 1 Amlapura ini. Wayan Sugiana mengatakan, siswa SMAN 2 Amlapura paling diunggulkan mendominasi sebagai pemenang KSN Karangasem. “Targetnya lolos ke KSN nasional dan KSN Internasional. Kalau hanya sekadar lolos ke KSN Provinsi Bali, itu telah biasa dilakukan siswa SMAN 2 Amlapura,” ungkap Wayan Sugiana.

Terpisah, Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengaku telah intensif membina siswa pilihannya untuk ikut KSN. “Kami telah melakukan pembinaan secara intensif kepada para siswa,” ungkap Marta Ariana. Kasek SMAN Rendang I Wayan Nurasa dan Kasek SMAN Bebandem I Nengah Miyasa juga melakukan pembinaan kepada siswa. Mereka optimis mampu meloloskan siswa ke KSN Provinsi Bali. *k16

Komentar