nusabali

Inilah Sederet Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Suatu Negara

  • www.nusabali.com-inilah-sederet-manfaat-perdagangan-internasional-bagi-suatu-negara

JAKARTA, NusaBali.com - Pada era yang teknologinya serba canggih seperti saat ini, tentu banyak pengaruh pada berbagai bidang pada suatu negara, tidak terkecuali pada bidang ekonomi.

Kemajuan teknologi tersebut juga sangat berhubungan dengan kegiatan perdagangan luar negeri atau perdagangan internasional. Untuk mendapatkan informasi terkait produk yang dijual oleh negara lain juga semakin mudah. Adanya kebijakan perdagangan bebas ini justru memperluas jangkauan kegiatan ekspor atau impor antar negara. Manfaat perdagangan internasional sebenarnya ada banyak. 

Perdagangan internasional ini juga merupakan bentuk nyata dari globalisasi yang semakin berkembang setiap waktu. Apa saja bentuk kontribusi dari kegiatan perdagangan internasional ini bagi negara dan masyarakatnya? Simak ulasannya berikut ini. 
 
Manfaat Perdagangan Antar Negara 

Keberadaan perdagangan internasional tentu saja bisa memberikan berbagai keuntungan serta manfaat baik pada negara itu sendiri atau negara lain. Hal tersebut karena perdagangan internasional sejatinya merupakan bentuk transaksi sehingga akan menguntungkan berbagai pihak: 

1. Bisa Mendapatkan Barang yang Tidak Diproduksi oleh Negara Sendiri 

Lewat kegiatan impor barang, masyarakat dari suatu negara bisa mendapatkan produk tertentu yang tidak bisa diproduksi oleh negaranya sendiri. Banyak factor yang menyebabkan negara itu tidak bisa memproduksi produk tertentu misalnya iklim, kondisi geografis sampai dengan tingkat penguasaan IPTEK. 

Misalnya Indonesia banyak mengimpor produk dari Jepang berupa mesin serta suku cadang karena penguasaan IPTEK dari Jepang memang lebih unggul. Hal itu berlaku sebaliknya. Negara Jepang akan mengimpor produk tekstil, kopi sampai dengan kerajinan tangan. 

2. Memperluas Keuntungan Spesialisasi 

Manfaat perdagangan antar negara lainnya yaitu memperluas keuntungan dari spesialisasi. Maksudnya adalah sekalipun suatu negara sudah bisa atau sudah mampu memproduksi suatu barang yang jenisnya sama dengan yang diproduksi oleh negara lain namun kadang ada juga produk dari negara lain yang lebih baik kualitasnya sehingga negara tersebut akan melakukan impor produk yang sama. 


Misalnya Jepang dan Amerika Serikat sama-sama memiliki kemampuan dalam memproduksi bahan tekstil yang berupa kain. Tetapi produk kain yang diproduksi oleh Jepang lebih baik dibandingkan hasil produksi Amerika. Untuk itu, Amerika perlu mengurangi produksi kainnya serta mengimpor barang dari Jepang. 

Dua negara tersebut akan melakukan proses transaksi perdagangan internasional sehingga setiap negara bisa mendapatkan keuntungan. 

3. Meningkatkan Keuntungan & Memperluas Pasar 

Untuk ini, manfaatnya biasanya dirasakan oleh pengusaha. Kadang beberapa pebisnis tidak menjalankan mesin alat produksinya dengan maksimal karena mereka khawatir jika akan terjadi kelebihan produksi sehingga menyebabkan menurunnya harga produknya. 

Dengan adanya perdagangan internasional ini, para pengusaha nantinya bisa menjalankan mesin alat produksinya secara maksimal dan menjual kelebihan produk tersebut keluar negeri. 

4. Transfer Teknologi Modern 

Lewat kegiatan perdagangan antar negara, nantinya suatu negara bisa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari teknik produksi serta manajemen yang lebih modern dibandingkan dengan negara lain. 
 
Faktor Pendorong Perdagangan Internasional 


5. Meningkatkan Hubungan Kedua Negara 

Kegiatan perdagangan internasional itu adalah transaksi dan kesepakatan antara kedua negara sehingga tentu tidak langsung bisa mewujudkan hubungan persahabatan antar negara. Kalau proses transaksi dalam perdagangan antar negara saja bisa terjalin dengan baik maka hubungan persahabatan antar negara tentu saja akan terjalin dengan baik. Negara-negara ini akan semakin akrab. Ketika suatu negara mengalami kesulitan maka negara lain akan membantu untuk memenuhi kebutuhannya. 

6. Memperluas Lapangan Pekerjaan 

Jika pasar luar negeri semakin luas maka produksi barang serta jasa yang dihasilkan juga semakin bertambah. Dari peningkatan hasil produksi barang serta jasa tersebut juga akan meningkat kesempatan kerja bagi masyarakat. Ini akan membantu mengurangi jumlah pengangguran. Saat ini, banyak tenaka kerja dari Indonesia yang bekerja di luar negeri, baik di kapal, restoran sampai dengan pusat pelatihan. Sebaliknya, tenaga kerja dari luar negeri juga sudah banyak yang bekerja di Indonesia. 

7. Mendorong Kegiatan Produksi Sampai Tingkat Maksimal 

Salah satu tujuan perdagangan internasional adalah dengan memperluas pasar di luar negeri. Jika pasar di luar negeri luas, maka produksi barang dalam suatu negara akan semakin meningkat. Hal tersebut tentu bermanfaat untuk para pengusaha baik yang sudah lama maupun yang masih baru. 

8. Sumber Devisa 

Kegunaan perdagangan internasional untuk perekonomian adalah sebagai sumber devisa negara. Selain mendapatkannya dari tenaga kerja asing, devisa juga bisa didapatkan dengan melakukan perdagangan antar negara karena negara bisa mendapatkan mata uang asing dengan melakukannya. 
Perdagangan internasional juga akan membuat semua kebutuhan bisa terpenuhi dan membuat pendapatan meningkat sehingga akan meningkatkan kemakmuran negara yang bersangkutan. 


9. Meningkatkan Kualitas Barang yang Dikonsumsi 

Bagi perekonomian suatu negara, manfaat perdagangan internasional adalah untuk meningkatkan kualitas konsumsi masyarakat. Perdagangan internasional memungkinkan industry dalam negeri untuk meningkatkan kualitas barang supaya dapat bersaing di pasar bebas. Ini dengan sendirinya akan meningkatkan standar masyarakat terhadap suatu barang dan jasa.  

Ingin Update Berita tentang  Perdagangan Internasional? Baca di Freighsight! 

Pemerintah Indonesia terus memperbaiki kebijakan dalam perdagangan antar negara. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kebijakan pemerintah dalam hal ini dan dampak positif perdagangan antar negara, anda bisa mendapatkan informasi di Freighsight. Kami ingin pembaca mendapatkan informasi yang up to date dan dari sumber terpercaya. Dengan membaca informasi dari kami, wawasan anda lebih luas, khususnya dalam dunia logistic. Di Freightsight, kami tidak hanya menyediakan berita namun ada juga laporan industri dan opini para ahli di bidangnya. 

FAQ 

Apa itu perdagangan internasional? 

-Pengertian perdagangan internasional merupakan suatu kegiatan tukar menukar barang atau jasa yang didasarkan atas kehendak sukarela yang dilakukan antara dua negara atau lebih untuk memenuhi kebutuhan bersama lewat kegiatan impor dan ekspor. 

Apa saja contoh perdagangan internasional?

-Hampir setiap jenis produk dapat ditemukan di pasar internasional, misalnya: makanan, pakaian, suku cadang, minyak, perhiasan, anggur, stok, mata uang, dan air. Jasa juga diperdagangkan, seperti di bidang pariwisata, perbankan, konsultasi, dan transportasi.

*)Konten ini ditulis oleh Core Freelancers, penyedia jasa pembuatan website untuk berbagai jenis bisnis.

Komentar