nusabali

Ketua TP PKK Kecamatan Diingatkan Cegah Stunting

  • www.nusabali.com-ketua-tp-pkk-kecamatan-diingatkan-cegah-stunting

BANGLI, NusaBali
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bangli, Ny Sariasih Sedana Arta, melantik TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bangli di Ruang Krisna Kantor Bupati Bangli, Selasa (12/4).

Pelantikan TP PKK kecamatan dihadiri Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. Usai pelantikan, Ny Sariasih Sedana Arta menyerahkan bantuan biskuit untuk balita dan ibu hamil kepada 18 desa yang prioritas intervensi stunting tahun 2022. Pengurus PKK kecamatan, PKK desa, dan PKK dusun diingatkan bersinergi cegah stunting.

Ny Sariasih Sedana Arta mengatakan, PKK punya program sosialisasi dan aksi sosial. PKK berjenjang dari kabupaten hingga dusun. “Harapannya bisa bersinergi sehingga program PKK bisa berjalan sesuai tujuan,” ungkap Ny Sariasih Sedana Arta. PKK juga harus membantu menyukseskan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bangli. TP PKK kecamatan yang dilantik masih muda dan energik diharapkan bisa turun ke desa dan dusun untuk menyampaikan dan melaksanakan program PKK.

Ny Sariasih Sedana Arta menyampaikan, biskuit yang diberikan kepada balita dan ibu hamil merupakan bantuan dari Ketua TP PKK Provinsi Bali. Bantuan diterima di Denpasar dan diteruskan ke Kabupaten Bangli. Bantuan yang diberikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali adalah biskuit untuk balita sebanyak 65 dus. Satu dus berisi 4 box. Biskuit untuk ibu hamil sebanyak 132 dus, masing-masing dus berisi 4 box. Bantuan disalurkan untuk 18 desa intervensi stunting.

Sebanyak 18 desa itu yakni Desa Bayung Cerik, Desa Pengejaran, Desa Bonyoh, Desa Belancan, Desa Manikliyu, Desa Bayung Gede, Desa Mangguh, Desa Sekardadi, Desa Bantang, Desa Belandingan, Desa Songan B, Desa Pinggan, Desa Peninjoan, Desa Kintamani, Desa Katung, Desa Batur Tengah, Desa Yangapi, dan Desa Tiga. “Dari 18 desa yang ditetapkan, jumlah balita sebanyak 257 orang dan ibu hamil sebanyak 689 orang,” ungkap Ny Sariasih Sedana Arta.

Ketua TP PKK Kabupaten Bangli, Ny Sariasih Sedana Arta mengingatkan PKK desa untuk memprioritaskan bantuan kepada ibu hamil yang kurang energi kronis (KEK) atau risiko tinggi. Ny Sariasih Sedana Arta menegaskan, stunting bisa dicegah dari awal. Bayi yang masih dalam kandungan harus diberi gizi yang baik. Peran PKK sangat penting mulai dari PKK kecamatan, PKK desa maupun PKK dusun melalui Posyandu setiap bulan yang dibantu oleh bidan desa.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengucapkan selamat kepada TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bangli yang baru dilantik. Camat selaku pembina di masing-masing kecamatan beserta istrinya yang sekaligus sebagai Ketua TP PKK kecamatan diminta lebih pro aktif dalam menjembatani segala model pelayanan kepada masyarakat. *esa

Komentar