nusabali

Dewan Tabanan Sodorkan Rekomendasi kepada Bupati

Rapat Perdana Tatap Muka Sejak Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-dewan-tabanan-sodorkan-rekomendasi-kepada-bupati

TABANAN, NusaBali
Rapat Paripurna DPRD Tabanan, Selasa (12/4), menyodorkan sejumlah  rekomendasi kepada Bupati I Komang Gede Sanjaya.

Rekomendasi tersebut terkait dengan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKJP) Bupati Tabanan Tahun Anggaran 2021. Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, sekaligus merupakan tatap muka pertama sejak pandemi Covid-19.

Rekomendasi yang disodorkan dewan di antaranya meminta pemerintah daerah (pemda) melakukan inovasi dalam menggali potensi yang dimiliki di luar sektor pariwisata.

Hal itu sebagai bentuk antisipasi, terlebih lagi ketika menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hal itu karena pariwisata sangat rentan dengan isu keamanan dan kesehatan baik regional maupun global. Pendapat asli daerah (PAD) yang sangat mengandalkan kontribusi sektor pariwisata akan sangat terpengaruh apabila terjadi isu yang menyebabkan turunnya tingkat kunjungan wisatawan.

Dalam rangka peningkatan PAD, pemda hendaknya dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki karena sejauh ini beberapa aset daerah yang berpotensi ternyata tidak dapat dioptimalkan, bahkan cenderung tidak terurus.

Selanjutnya mengintensifkan pemungutan pajak dan retribusi daerah, terutama yang mempunyai potensi tinggi baik pendataan secara berkala terkait objek pajak maupun retribusi. Dengan demikian potensi pajak yang dimiliki dapat dioptimalkan pemungutannya.

Untuk itu penerapan sistem pemungutan secara on line hendaknya segera dapat diterapkan di objek yang memungkinkan pelaksanaannya dengan berbagai kajian yang matang.

Begitu juga dengan rencana pemanfaatan e-ticketing atau e-billing dalam pengelolaan daya tarik wisata (DTW) sebagai upaya peningkatan pendapatan daerah.

Kemudian mengevaluasi perjanjian kerjasama pengelolaan aset daerah dengan pihak ketiga khususnya yang berjangka waktu lama, apabila diperlukan agar dilakukan peninjauan kembali setiap 5 tahun, sehingga pelaksanaannya dapat dioptimalkan dan menguntungkan bagi para pihak. Pembacaan rekomendasi Dewan tersebut dilakukan oleh Sekretaris Dewan I Made Sugiarta.

“Selanjutnya rekomendasi atas LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2021 akan kami sampaikan kepada Bupati Tabanan,” ujar Made Dirga, kemudian menyerahkan kepada Bupati Komang Gede Sanjaya didampingi Wabup I Made Edi Wirawan.

Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Tabanan terhadap pembahasan LKPJ tahun 2021 yang disampaikan pada 18 Maret lalu. “Poin-poin rekomendasi yang dihasilkan terhadap LKPJ tahun 2021 merupakan bahan yang sangat berharga dan akan ditindaklanjuti demi optimalisasi pemerintahan di Kabupaten Tabanan,” ujar Bupati Sanjaya.  

Dia menyatakan berkomitmen terus memperbaiki kinerja penyelenggaraan  pemerintahan daerah. Sebelumnya Bupati Sanjaya menyatakan bersyukur, pandemi melandai, sehingga untuk pertama kalinya pihaknya bisa menghadiri rapat dewan secara langsung, setelah sebelumnya secara daring. Kasus Covid-19 di Kabupaten Tabanan, menurut Bupati Sanjaya, berdasarkan laporan Satgas Covid-19 terus menurun.

“Kadang-kadang kosong, kadang-kadang 1, 2, dan 3,” ungkap Bupati Sanjaya.  Menurut dia, ini membuktikan Kabupaten Tabanan hampir tuntas dari pandemi Covid-19. “Dan mudah-mudahan lanjut. Astungkara berkat masker ini, astungkara saya tidak pernah kena Covid-19, ini berjodoh,” tutur Bupati Sanjaya. *k17

Komentar