nusabali

BPBD Tangani Pohon Tumbang di 2 Lokasi

  • www.nusabali.com-bpbd-tangani-pohon-tumbang-di-2-lokasi

SINGARAJA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang, mengguyur Kecamatan Sawan, Buleleng, mengakibatkan pohon tumbang di Desa Sekumpul dan Desa Bebetin, Selasa (12/4) pagi.

Pohon tumbang di dua desa ini sudah ditangani oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng.
Pohon tumbang di Desa Bebetin, berupa pohon kelapa berdiameter 20 centimeter. Pohon menimpa kabel Telkom yang melintang di sekitar pohon. Material pohon pun dievakuasi petugas. "Penyebabnya karena hujan dan angin kencang," kelas Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi.

Kata Ariadi, hujan deras disertai angin kencang tersebut juga mengakibatkan pohon kelapa di Desa Sekumpul, tumbang. Pohon juga menimpa kabel Telkom yang melintang di sekitar pohon. Penanganan pohon dilaksanakan dengan mengerahkan Tim Respon Cepat (TRC) BPBD.

Ariadi memastikan pohon tumbang di dua lokasi tersebut tak sampai mengganggu aktivitas masyarakat atau lalu lintas di sekitar. Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material. Pihaknya mengimbau agar masyarakat segera melapor jika menemukan pohon dengan kondisi rapuh dan berpotensi tumbang.

Untuk diketahui, petugas BPBD Buleleng secara rutin merompes pohon di beberapa titik. Saat penanganan, tim BPBD turut serta mengecek pohon perindang di seputar lokasi. "Jika dilihat sudah terlalu tinggi dan berpotensi tumbang saat diterpa angin kencang akan dilaksanakan perompesan," jelas Ariadi. *mz

Komentar