nusabali

Sebelum Gantung Diri, Titip Deposito Rp 60 Juta

  • www.nusabali.com-sebelum-gantung-diri-titip-deposito-rp-60-juta

GIANYAR, NusaBali
Lansia Pande Made OA, 60, gantung diri di dapur rumahnya Banjar Peteluan, Desa Temesi, Kecamatan Gianyar, Selasa (12/4).

Korban meninggalkan sepucuk surat wasiat. Meminta keluarga agar melanjutkan pembangunan Piyasan dan juga menitipkan deposito Rp 60 juta.  Informasi dihimpun, kejadian gantung diri tersebut diketahui pertama kali sekitar Pukul 07.30 Wita. Ditemukan oleh menantunya Luh PS, 30, saat sedang mebanten. Sesampai di depan dapur, Luh PS kaget melihat dari jendela dapur.

Dilihat korban sudah dalam kondisi tergantung di rangka plafon dapur. Setelah itu Luh PS lari mencari tetangga yang berada di warung depan rumah korban. Kejadian itu pun membuat heboh warga sekitar yang datang membantu menurunkan tubuh korban kemudian dibawa ke kamar korban.

Kapolsek Gianyar Kompol Gede Putra Astawa saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Polisi langsung mendatangi TKP, mengumpulkan keterangan saksi-saksi. “Berkoordinasi dengan Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres Gianyar melakukan olah TKP dan berkoordinasi dengan dokter Puskesmas 1 Gianyar untuk pemeriksaan luar terhadap korban,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan di kamar, ditemukan secarik surat bertuliskan “Tabungan 20 juta di Pak Yan Bancis Buat ngelanjutkan Piasan Blm Byr Lg 10 jt. Deposito 60 jt Buat Devan”. Di kamarnya juga terdapat obat-obatan.

Dari hasil pemeriksaan disimpulkan dugaan kuat bahwa tanda-tanda pemeriksaan tersebut adalah tanda-tanda yang umum pada korban gantung diri. “Keterangan keluarga, kemungkinan besar penyebab korban gantung diri dikarenakan korban mengalami sakit TBC yang tidak kunjung sembuh, selama ini korban berobat di RS Family Husada Gianyar,” jelasnya.

Sebelum kejadian, menantu yang merawat korban hendak membawakan bubur. Namun tumben pintu kamar korban terkunci. Korban sempat dipanggil-panggil namun tidak menyahut. Setelah itulah menantu beralih melakukan kegiatan mebanten rutin di rumah. Hingga akhirnya menantu melihat mertuanya sudah gantung diri di dapur.

Kemungkinan besar penyebab korban gantung diri dikarenakan korban mengalami sakit TBC yang tidak kunjung sembuh.

Sementara dari hasil olah TKP dan dari hasil pemeriksaan dokter diyakini bahwa kejadian tersebut adalah murni gantung diri yang dilakukan oleh korban dan sementara dari pihak keluarga korban menerima kejadian tersebut adalah merupakan musibah. *nvi

Komentar