nusabali

Desa Menanga Buat Jalan Beton Sepanjang 250 Meter

  • www.nusabali.com-desa-menanga-buat-jalan-beton-sepanjang-250-meter

AMLAPURA, NusaBali
Pemerintah Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem membuat jalan beton sepanjang 250 meter dengan lebar 3 meter di Banjar Batusesa. Pembuatan jalan beton ini dengan anggaran biaya Rp 59 juta.

Kekurangan biaya pembuatan beton mengandalkan swadaya masyarakat. Jalan beton sepanjang 250 meter ini menghubungkan ke Setra Desa Adat Batusesa dan jalan menuju Pura Besakih.

Perbekel Desa Menanga, I Wayan Suartana, menjelaskan pembangunan jalan beton merupakan program PKTD (padat karya tunai mandiri). Pekerjaan rabat beton diperkirakan selesai selama 2 minggu. Menurut Suartana, masih banyak jalan yang wajib diperbaiki dengan beton. Namun penggunaan dana desa telah diatur sebesar 40 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT), 20 persen untuk ketahanan pangan dan hewani, serta 8 persen untuk penanganan Covid-19. “Imbasnya, anggaran untuk meningkatkan kualitas jalan di Desa Menanga sangat kurang,” ungkap Wayan Suartana saat memantau pembetonan jalan di Banjar Batusesa, Senin (11/4).

Menurut Wayan Suartana, pekerja yang terlibat adalah penduduk lokal di Banjar Batusesa. Mereka semangat bekerja untuk mendapatkan kualitas jalan yang baik. “Mereka yang mengerjakan, mereka pula yang akan menggunakannya. Rasa memiliki tinggi sehingga mereka mengerjakan dengan bagus sehingga hasilnya berkualitas,” ungkap Wayan Suartana. Jalan beton ini nantinya berfungsi untuk jalan usaha tani, menghubungkan ke tegalan, sawah, dan tempat lainnya. *k16

Komentar