nusabali

Hari Ini, Patung Kapten Dipta Diresmikan

Hasil Garapan Pematung Tabanan Nyoman Sudarwa

  • www.nusabali.com-hari-ini-patung-kapten-dipta-diresmikan

GIANYAR, NusaBali
Peresmian patung pahlawan nasional Kapten I Wayan Dipta yang berdiri gagah di ujung barat Bypass Darma Giri, Desa  Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, akan diresmikan oleh Bupati Gianyar Made Mahayastra, Selasa (12/4) sore.

Patung ini hasil garapan seni pematung Nyoman Sudarwa asal Desa Panarukan, Kecamatan Kerambitan, Tabanan.  Peresmian patung dirangkai dengan peringatan HUT ke-251 Kota Gianyar, dimeriahkan sendratari kolosal. Kabag Tapem Kabupaten Gianyar, I Nyoman Wenaya Adiwirata menjelaskan pada malam peresmian akan diisi pagelaran kolosal melibatkan 300 pengisi acara. Dengan balutan unsur seni budaya dalam jiwa kepahlawanan dan jiwa bhakti terhadap bumi Gianyar, yang dijadikan sebagai pusat peradaban dari sejarah perkembangan adat dan budaya Bali.

“Peresmian akan diisi dengan penampilan seni budaya mulai dari tari-tarian, gamelan, peragaan melukis perjuangan Kapten I Wayan Dipta, fashion show dan sebagainya. Semua digarap oleh tim kreatif pemkab,” jelasnya, Senin (11/4).

Semua pagelaran itu mengusung konsep akulturasi koreografi yang akan disajikan dalam kemasan kepahlawanan dituangkan dalam sajian nilai-nilai estetika seni dan budaya menjadi satu kesatuan dalam menciptakan suatu prosesi peresmian Patung Pahlawan Kapten I Wayan Dipta.

“Para seniman yang akan tampil dari semua unsur kurang lebih 300 orang pengisi acara baik dari suguhan, akulturasi, ataupun entertain lainnya yang menjadi satu kesatuan. Judul garapannya masih rahasia masyarakat bisa langsung menyaksikan,” paparnya.

Puncak HUT ke-251 Kota Gianyar dengan tema ‘Budaya Pramaning Pawangunan Gianyar” itu akan dilaksanakan pada 19 April 2022. Lomba-lomba akan digelar setelah 19 April 2022. Pihaknya pun telah menggelar rapat finalisasi peringatan HUT Kota Gianyar bersama Asisten I Setda Kabupaten Gianyar, Selasa (29/3). “Semoga semuanya berjalan sesuai rencana dan jika ada perubahan tentu akan segera kita komunikasikan dengan pimpinan,” ujarnya.

Perlu diketahui, pembuatan taman patung Kapten I Wayan Dipta ini menelan anggaran Rp 4,466 miliar dari APBD Gianyar 2021. Proyek ini digarap oleh kontraktor adalah PT Sida Dadi Prakanti dan Konsultan perencana PT Tata Rencana Hijau. Sebagai konsultan pengawas PT Kencana Adhi Karma. Total tinggi patung 13,5 meter. Rinciannya tinggi patung 6,5 meter, tinggi pendestal patung 7 meter. Digarap oleh pematung Nyoman Sudarwa asal Desa Panarukan, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.  Pantauan di lapangan, Senin (11/4) sejumlah pekerja tengah menata panggung untuk persiapan gladi malam hari.*nvi

Komentar