nusabali

Karangasem Kantongi 15 Pemain Futsal Porprov

  • www.nusabali.com-karangasem-kantongi-15-pemain-futsal-porprov

Asosiasi Futsal (Afkab) Kabupaten Karangasem secara resmi menuntaskan seleksi tahap 2 untuk mencari 15 pemain futsal yang diproyeksikan turun di Porprov Bali XIII September 2017 di Kabupaten Gianyar.

AMLAPURA, NusaBali
Ke-15 pemain itu didapat setelah melakukan berbagai tahapan proses seleksi di Lapangan Satriya Futsal, Kabupaten Karangasem, Sabtu (11/3).

"Sebelum menjadi 15 pemain, kami dahului dengan seleksi di 3 zona. Wilayah Karangasem meliputi Abang, Bandem, Manggis. Zona Kecamatan Rendang meliputi Kecamatan Selat, Rendang dan Sidemen. Serta Zona Kecamatan Kubu," ucap Pelatih Kepala Kadek Sentana, didampingi Ketua Afkab Karangasem, Putu Gede Suwata Berata.

Kata Sentana, dari 3 zona itu didapat 58 pemain, lalu diseleksi menjadi 25, kemudian menjadi 15 pemain futsal. "Kami tuntas melakukan seleksi dalam sistem promosi dan degradasi. Akhirnya nama-nama tim bayangan kami kantongi secara utuh," terang Sentana.

Pria yang asal Kecamatan Rendang yang kesehariannya sebagai tenaga pendidik di olahraga itu mengatakan, ke-15 pemain itu terdiri dari 2 kiper yakni Suarjana, dan Werdi. Selanjutnya diisi 13 pemain lainnya, mulai Ramsa, Murti, Jaya Agus atau Bracuk, Angga, Satria, Adi Saputra, Berata, Subawa,  Agus Raditya, Purniawan, Arinata, Sayogya, dan Suarjana.

"Usai tim bayangan terbentuk kami akan rutin menggelar latihan setiap hari Rabu dan Jumat," tandas Kadek Sentana.

Untuk latihan nanti, kata Sentana akan menggunakan lapangan Satriya Futsal dan GOR Gunung Agung, Amlapura. Dipilihnya GOR Gunung Agung karena ingin menyesuaikan dengan Gor Kebo Iwo Gianyar. Tempat yang akan dijadikan venues untuk menggelar multi event dua tahunan antar Kabupaten/Kota di Bali. "Untuk rencana sparing kami belum. Sebab, akan dilakukan tes dulu tanggal 20 Maret oleh KONI Amlapura menyangkut tes fisik. Selanjutnya, baru membangun kekuatan individu, kekuatan bodi, kaki, dan teknik dasar futsal," beber Sentana.

Langkah selanjutnya baru tahapan fase kerjasama dan kombinasi. Program terakhir yakni komonikasi. Baru mengarah ke program sparing atau latih tanding.

Ketua Afkab Karangasem, Putu Gede Suwata Berata menambahkan, para pemain yang lolos seleksi diharapkan terus meningkatkan performance terbaiknya. Terutama dari sisi fisik.

"Jika didukung dengan fisik dan kematangan mental. Segala kemampuan akan terlihat secara otomatis. Dan, kami komit mendampingi dalam setiap latihan di lapangan. Karena kami berlatar belakang senang bola juga," terang Suwata Berata.

Pria asal Datah yang kesehariannya sebagai aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Karangasem itu berharap, dengan terbentuknya tim futsal diharapkan sebagai langkah awal kebangkitkan futsal di Karangasem. Mengingat, keinginan besar anak-anak mudah, mudah-mudahan mampu dipasilitasi dengan tepat. Hingga pada akhirnya bisa melangkah kedepan. *dek

Komentar