nusabali

TRC BPBD Denpasar Atensi Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-trc-bpbd-denpasar-atensi-pohon-tumbang

DENPASAR, NusaBali
Tim Respons Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar melakukan penanganan pohon tumbang, di kawasan Jalan Mulawarman, Desa Dauh Puri Kaja, Sabtu (9/4) sore.

Kalak BPBD Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa saat dikonfirmasi, Minggu (9/4), mengatakan penanganan pohon tumbang dilaksanakan dengan mengerahkan TRC.

Dijelaskannya, saat musim penghujan beban pohon perindang lebih berat dari biasanya. Sehingga, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka Pemkot Denpasar secara intensif melaksanakan perompesan pohon yang terlalu rimbun. Hal ini diharapkan mampu meringankan beban pohon untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang.

“Pemkot secara rutin melaksanakan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar. Besar harapan masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar, khususnya kondisi pohon perindang yang dinilai penting untuk dilakukan perompesan,” ujar Gus Joni, sapaan Ida Bagus Joni Ariwibawa.

Sementara, Kadis LHK Kota Denpasar Ida Bagus Putra Wirabawa mengatakan secara berkelanjutan pihaknya terus melaksanakan pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Denpasar. Dari pendataan tersebut diketahui apakah diperlukan penanaman ulang atau cukup dengan perompesan saja.

“Selain menindaklanjuti aduan masyarakat terkait pohon perindang, juga dilaksanakan pemetaan usia dan kondisi pohon untuk dilakukan perompesan rutin. Tiap hari melakukan pemantauan dan perompesan pohon,” kata Gustra, sapaan Ida Bagus Putra Wirabawa. *mis

Komentar