nusabali

Majukan Seni Lewat Teknologi

SMK TI Bali Global Klungkung Gelar Glosit

  • www.nusabali.com-majukan-seni-lewat-teknologi

SEMARAPURA, NusaBali
SMK TI Global Klungkung kembali menggelar Gema Lomba Siswa Teknologi (GLOSIT) ke - 4 tingkat SMP, pada 22 Maret - 1 April 2022.

Diharapkan lewat GLOSIT ini mampu menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya pada era digitalisasi saat ini khususnya di tingkat SMP.


GLOSIT ke 4 kali ini memberikan warna yang berbeda dengan memperlihatkan kepada masyarakat bahwa teknologi dapat berjalan beriringan dengan seni. Dengan mengangkat tema “Berkreasi Melalui Seni, Maju Dengan Teknologi”.

Adapun salah satu terobosan lomba yang digelar oleh SMK TI Bali Global Klungkung, dan menjadi satu-satunya yang dilaksanakan di Bali, yakni lomba Digital Art, yaitu lomba mewarnai Wayang Kamasan dengan menggunakan sarana komputer (pen tool).

Bahkan, sebelum lomba dilaksanakan sebanyak 35 peserta dari 17 SMP di Bali, yang mengikuti Digital Art tersebut diberikan pelatihan oleh guru SMK TI Bali Global Klungkung.

Sehingga saat lomba mereka sudah fasih menggunakan pen tool tersebut. Selain Digital Art SMK TI Bali Global Klungkung juga menggelar lomba kategori kategori Seni Berbasis IT yaitu : TikTok, dan Vlog, dengan tujuan untuk memperkenalkan seni yang ada dikabupaten Klungkung melalui media digital.

Sementara pada lomba kategori Game Berbasis IT dengan 3 cabang lomba yaitu : Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG. Lomba game ini bertujuan untuk mengasah team work, melatih problem solver, dan menumbuhkan kreativitas anak. Untuk total peserta keseluruhan sebanyak 202 orang.

Untuk peserta pada kegiatan kali ini adalah siswa-siswi SMP dari kabupaten Bangli, Klungkung, Karangasem, dan Denpasar yang diantaranya adalah SMP Negeri 1 Semarapura, SMP Negeri 2 Semarapura, SMP Negeri 4 Semarapura, SMP Negeri 1 Banjarangkan, SMP Negeri 3 Banjarangkan, SMP Negeri 4 Banjarangkan, SMP Negeri 1 Dawan, SMP Negeri 2 Dawan, MTs Hasanudin Klungkung, SMP Negeri 1 Rendang, SMP Negeri 2 Rendang, SMP Negeri 1 Sidemen, SMP Negeri 3 Sidemen, SMP Negeri 1 Tembuku, SMP N Satu Atap Sangkan Gunung, SMP K 1 Harapan Denpasar.

Peserta yang meraih Juara I dari masing-masing lomba yakni Juara I lomba Mobile Legend diraih oleh AA Gd Anom Rangga Pratama, Juara I Lomba FreeFire diraih oleh I Dewa Gede Agung Permana Putra, Juara I PUBG diraih oleh I Putu Ananda Yogi Iswara, Juara I lomba TikTok doooo iraih oleh Ida Ayu Dwipayani, Juara I lomba Vlog diraih oleh Putu Ayu Khresna Devany, Juara I lomba Digital Art diraih oleh I Made Danan Adi L.

Kepala SMK TI Bali Global Klungkung, Drs I Gusti Lanang Made Puji M Pd, menyatakan acara GLOSIT ini adalah acara yang luar biasa, Gusti Lanang berharap melalui acara Glosit ini masyarakat dapat semakin menyadari pentingnya IT, salah satu lomba baru yang kami angkat disini adalah Digital Art yaitu lomba mewarnai Wayang Kamasan dengan menggunakan sarana komputer. "Kami berusaha sebaik mungkin dengan cara masa kini agar anak-anak Generasi Z yang terbiasa dengan gadget tidak melupakan budaya yang telah diwariskan oleh para pendahulu kami,” kata Gusti Lanang Puji, Minggu (10/4).

Sementara itu, Pengawas Disdikpora Provinsi Bali, Ida Bagus Wayan Widiasa Keniten S Pd M Hum, yang juga membuka dan menutup GLOSIT ke-4 sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena lewat GLOSIT ini secara tidak langsung memotivasi siswa khususnya tingkat SMP untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensinya dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). "Sehingga anak anak nantinya mampu bersaing ikut serta lomba pada tataran yang lebih tinggi hingga tingkat internasional," harap IB Keniten. *wan

Komentar