nusabali

Hari Ini LMND Bali Turun ke Jalan

Tolak Perpanjangan Jabatan Presiden Tiga Periode

  • www.nusabali.com-hari-ini-lmnd-bali-turun-ke-jalan

DENPASAR, NusaBali
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LMND (Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi) Bali turun ke jalan untuk ambil bagian dalam aksi demo serentak mahasiswa se-Indonesia, Senin (11/4) hari ini.

Rencananya para mahasiswa dari berbagai kampus di Bali itu digelar di tiga titik, yakni di pelataran Monumen Puputan Margarana (Bajra Sandhi), di depan Kantor DPRD Bali, dan Kantor Gubernur Bali, yang semuanya berada di Kawasan Niti Mandala Denpasar.

Sekretaris LMND Eksekutif Wilayah Bali I Gusti Ngurah Putra Ari L dikonfirmasi, Minggu (10/4) mengatakan ada 6 tuntutan yang akan mereka suarakan untuk pemerintah. Tuntutan-tuntutan itu disuarakan karena mereka menilai 6 hal yang disuarakan itu menjadi persoalan bangsa saat ini.

Putra Ari merinci, enam butir tuntutan yang mereka suarakan, yakni segera turunkan harga BBM Pertamax, segera selesaikan kelangkaan solar, segera kendalikan harga kebutuhan pokok, tolak penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, tolak kenaikan tarif tol dan PPN, dan wujudkan Pasal 33 UUD 1945.  

“Besok (hari ini) kami yang turun aksi hanya puluhan orang saja. Rencana aksi mulai dari titik kumpul di parkiran timur Lapangan Puputan Margarana (Lapangan Renon). Selanjutnya menuju ke pelataran Bajra Sandhi, lalu Kantor DPRD. Kalau memungkinkan kami akan ke Kantor Gubernur,” ujar Putra Ari.

Adanya rencana mahasiswa turun ke jalan ini, pihak Polresta Denpasar melakukan upaya antisipasi hal-hal yang tak diinginkan pada aksi demo tersebut. Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi mengungkapkan surat permohonan dari para mahasiswa untuk demo sudah diterima Polresta Denpasar, Sabtu (9/4) kemarin.

“Surat permohonan izin sudah kami terima kemarin malam (Sabtu malam). Sebagai aparat penegak hukum, kepolisian siap memfasilitasi dan mengamankan jalannya aksi tersebut. Tentunya kami berharap agar aksi tersebut tidak diwarnai dengan hal-hal yang tak diinginkan,” harap Iptu Ketut Sukadi.

Sementara Kabag Ops Polresta Denpasar Kompol I Made Uder mengatakan untuk mengamankan aksi demo mahasiswa tersebut Polresta Denpasar siagakan 209 personil dilengkapi dengan peralatan standar. Selain 209 personil Polresta Denpasar, juga 100 orang pengamanan dari instansi terkait.

“Hari ini tadi (kemarin,red) kami sudah Rakor terkait pengamanan aksi tersebut. Saya belum tahu berapa jumlah massa yang akan turun besok. Berapapun jumlahnya, kami dari kepolisian tetap melakukan pengamanan,” ujar Kompol Uder.*pol

Komentar