nusabali

Apa Itu Kartu Debit Kripto, Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

  • www.nusabali.com-apa-itu-kartu-debit-kripto-dan-bagaimana-cara-kerjanya

JAKARTA, NusaBali.com - Membelanjakan Bitcoin, Ethereum, atau kripto lainnya di dunia nyata sangat ramai. Hingga saat ini, hanya beberapa bisnis yang mengizinkan mata uang kripto. Namun, beberapa produk pembayaran digital perlahan mulai mengatasi masalah ini. Salah satu produk tersebut adalah kartu debit kripto.

Produk ini telah mempermudah penggunaan kripto Anda untuk pengeluaran sehari-hari Anda.

Apa itu kartu debit kripto?

Kartu debit adalah kartu plastik yang disematkan dengan microchip dan juga memiliki kode batang yang dapat dipindai. Microchip dan barcode berisi detail akun Anda yang relevan.

Singkatnya, kartu debit kripto adalah kartu yang beroperasi mirip dengan kartu debit tradisional tetapi menggunakan kripto sebagai mata uang utama. Jadi Anda dapat dengan mudah menggunakan kartu ini untuk membelanjakan kripto Anda untuk pembelian online dan pembelanjaan langsung.

Bagaimana cara kerja kartu debit kripto?

Sekarang Anda tahu apa itu kartu debit kripto. Tapi bagaimana mereka bekerja?

Menggunakan kartu debit kripto bisa jadi rumit untuk pemula di dunia nyata. Meskipun kartu ini memungkinkan Anda untuk menggunakan kripto Anda dengan nyaman, Anda tidak dapat menggunakannya di mana pun. Alasan utamanya adalah sebagian besar pedagang belum menggunakan mata uang digital sebagai alat pembayaran yang sah.

Pertama, sebagian besar pedagang berpikir mata uang digital penuh dengan legalitas yang tidak pasti. Kedua, mata uang ini sangat fluktuatif dan berisiko.

Namun, pedagang menerima pembayaran sebagai mata uang fiat setiap kali Anda membayar dengan kartu debit kripto Anda. Konversi kripto ke fiat terjadi pada dua waktu yang berbeda.

Pertama, beberapa kartu debit akan secara otomatis mengonversi kripto Anda menjadi fiat selama pendanaan. 

Kedua, kartu debit lain akan menyimpan kripto dan hanya mengubahnya menjadi fiat selama transaksi.

Untuk mendanai kartu debit kripto Anda, Anda akan memerlukan dompet kripto. Kemudian Anda harus menautkan kartu debit Anda ke dompet kripto. Setelah itu, Anda dapat mendanai kartu debit Anda kapan saja dan di mana saja melalui situs web atau aplikasi tertentu.

Sebagian besar kartu debit kripto telah bermitra dengan perusahaan pemrosesan internasional, Visa dan MasterCard. Anda dapat dengan bebas menggunakan kartu debit kripto Anda di lebih dari 200 negara, berkat perusahaan-perusahaan ini.

5 Hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mendapatkan kartu debit kripto

Apakah Anda mempertimbangkan untuk mendaftar kartu debit kripto? Sebelum Anda melakukannya, berikut adalah beberapa faktor penting yang harus Anda pertimbangkan.

- Ketersediaan layanan di lokasi Anda

Tingkat adopsi mata uang kripto berada pada puncaknya. Menurut laporan, beberapa negara berencana untuk melarang kripto, sementara yang lain telah melarang mereka. Beberapa negara tersebut antara lain Turki, Cina, dan India.

Di sisi lain, beberapa negara seperti A.S. telah menggunakan kripto pada intinya. Negara-negara ini mengizinkan warganya untuk berdagang, menjual, dan membeli kripto sesuai keinginan mereka sendiri.

Dengan kata lain, Anda tidak dapat menggunakan kartu debit kripto Anda di mana-mana. Meskipun perusahaan pemrosesan membuatnya lebih mudah untuk menggunakan kartu debit ini di seluruh dunia. Jadi pastikan Anda selalu memiliki rencana cadangan.

- Dukungan mata uang kripto

Hingga saat ini, setidaknya ada 10.000 koin kripto di pasar, menurut laporan. Namun, hanya sedikit yang mencapai daya tarik utama.

Jumlah kripto yang didukung bervariasi dengan setiap kartu debit kripto. Beberapa hanya mendukung koin populer, sementara yang lain dapat beberapa koin.

Misalnya, kartu kripto.com mendukung setidaknya 90 koin kripto. Di sisi lain, kartu Club Swan hanya mendukung sembilan koin yang berbeda.

Untuk kenyamanan, Anda perlu memilih kartu debit kripto yang mendukung koin populer. Lebih baik lagi, Anda dapat memilih kartu debit yang mendukung mata uang kripto pilihan Anda.

- Nilai Tukar dan Biaya

Kartu debit kripto yang berbeda memiliki biaya transaksi yang berbeda. Sebagian besar kartu debit kripto di pasar tidak memiliki biaya setoran. Namun, hampir semua kartu debit memiliki biaya penarikan.

Namun beberapa kartu menawarkan pengabaian biaya untuk transaksi yang melebihi batas tertentu. Misalnya, BlockCard menawarkan pengabaian uang tunai jika transaksi non-tunai Anda melebihi $750 per bulan.

Selain itu, beberapa kartu debit terkenal mengenakan biaya untuk valuta asing. Namun, biaya ini tidak umum di sebagian besar kartu debit kripto. Sebagian besar penerbit yang membebankan biaya klaim itu untuk membantu mengganti biaya pemrosesan perusahaan.

- Pajak transaksi kripto

Ya! Setiap transaksi kripto harus dikenai pajak. Menurut Internal Revenue Service (IRS), mata uang kripto adalah properti. Dengan demikian, IRS menganggap kripto, saham, dan obligasi dalam kategori aset modal.

Oleh karena itu, Anda harus melaporkan setiap keuntungan atau kerugian dari aset kripto Anda setiap kali Anda menggunakan kartu debit kripto Anda.

Keuntungan atau kerugian kripto adalah perbedaan antara harga awal kripto dan harga kripto saat pembelian. Oleh karena itu, Anda harus membayar pajak keuntungan setiap kali keuntungan positif.

Anda membayar pajak capital gain tergantung pada jumlah keuntungan dan periode Anda memegang koin.

- Hadiah (rewards)

Hadiah mungkin bukan faktor utama saat mendapatkan kartu Anda. Namun, jika Anda ingin menikmatinya setiap kali melakukan pembelian, Anda harus mempertimbangkan imbalan / hadiah. Beberapa penerbit kartu terbaik memberikan hadiah luar biasa jika Anda adalah pemegangnya.

Misalnya, kripto.com menghadiahkan 2% hingga 8% cashback, tergantung pada level kartu Anda. Selain itu, jika Anda memegang kartu tingkat atas, Anda dapat menikmati beberapa manfaat menarik. Manfaat ini termasuk langganan gratis ke Spotify, Amazon Prime, dan bahkan Netflix.

Kartu debit lainnya, seperti kartu Club Swan, memberi Anda hadiah dengan merujuk teman dan keluarga. Jika Anda merujuk seseorang, Anda mendapatkan 20% dari biaya bergabung mereka langsung ke akun Anda.

Kartu club Swan memiliki empat jenis keanggotaan: Starter, Premier, VIP dan Chairman. Setiap jenis keanggotaan memiliki biaya bergabung tertentu.

Keuntungan dan Kerugian dari kartu Debit kripto

Kartu debit kripto dapat menjadi tambahan yang bagus untuk dompet Anda jika Anda adalah investor kripto. Namun, sebelum Anda memilih kartu debit kripto, luangkan waktu Anda untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Keuntungan

- Rewards / Hadiah

Kartu debit kripto yang berbeda memiliki sistem yang berbeda untuk memberi penghargaan kepada pemegangnya. Seperti yang dinyatakan di atas, beberapa akan memberikan hadiah cashback. Di sisi lain, beberapa kartu debit akan memberi Anda imbalan karena merujuk teman dan keluarga.

- Kenyamanan

Sebelum kartu debit kripto masuk ke pasar, hampir tidak mungkin menggunakan kripto untuk pengeluaran harian Anda. Namun berkat kartu-kartu ini, Anda sekarang dapat membelanjakan kripto Anda dengan sangat mudah. Selain itu, Anda dapat menikmati setoran langsung dan bahkan penarikan ATM.

Kekurangan

- Kemungkinan terutang pajak

Imbalan / Rewards kartu debit kripto mungkin terdengar romantis, tetapi mereka mungkin dikenakan pajak. Direktur pajak Internasional, Mishkin Santa, mengatakan, “Anda harus mendidik diri sendiri dan berhati-hati tentang implikasi pajak yang terkait dengan kartu debit dan kredit kripto.”

- Kemungkinan biaya tinggi

Biaya tinggi mungkin menjadi penghalang besar terlepas dari kenyamanan luar biasa yang terkait dengan kartu-kartu ini. Selain biaya penarikan dan valuta asing, ada banyak biaya lain yang terkait dengan kartu debit kripto.

Beberapa di antaranya adalah biaya tidak aktif dan biaya kartu fisik. Misalnya, kartu Coinbase membebankan biaya transaksi sebesar 2,49% untuk kripto apa pun selain USDC.

- Biaya tinggi untuk memegang kripto dengan perusahaan yang berbeda dari penerbit kartu Anda

Misalnya, hampir tidak mungkin untuk membelanjakan kripto yang disimpan di Binance saat Anda memegang kartu BitPay. Namun, Anda harus mentransfer kripto yang disimpan di akun Binance Anda ke dompet Bitpay Anda untuk memungkinkannya. Proses ini bisa memakan biaya.

Secara keseluruhan, kartu debit kripto membuatnya nyaman untuk membelanjakan kripto Anda. Namun, sebelum Anda mulai menikmati kenyamanan produk-produk tersebut, pastikan Anda meluangkan waktu untuk memilih yang terbaik.

Komentar