nusabali

Sabha Yowana Desa Adat Belayu Gelar Donor Darah

  • www.nusabali.com-sabha-yowana-desa-adat-belayu-gelar-donor-darah

TABANAN,NusaBali
Ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tabanan pada masa pandemi belum ‘sebaik’ pada masa sebelum pandemi melanda.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) disinyalir menjadi pembatas ruang gerak mereka yang biasanya berdonor. Oleh karena itu PMI Tabanan mengapresiasi kelompok masyarakat yang berinisiatif mengadakan kegiatan donor darah.

Seperti yang dilakukan oleh Sekaa Truna Desa Adat Belayu, Kecamatan Marga  yang  bernaung di bawah Sabha Yowana Belayu. Pada Jumat (8/4) pagi, melangsungkan aksi sosial donor  darah di Balai Keserasian  Batan Nyuh, Desa Batan Nyuh, Desa Adat Belayu.

“Kami sampaikan penghargaan terhadap kegiatan yang dilaksanakan Sabha Yowana Desa Adat  Belayu,” ungkap Kabid Pelayanan Umum PMI Unit Kabupaten Tabanan Ni Made Dwi Wahyuni di sela-sela acara donor.

Selain melayani para pendonor, PMI juga memanfaatkan momen ini sebagai sosialisasi. “Berharap kepada masyarakat agar donor karena banyak yang membutuhkan menunggu di rumah sakit,”  kata Dwi Wahyuni.

Penasehat Sabha Yowana Desa Adat Belayu, I Putu Eka Nurcahyadi, mengatakan   program kemanusiaan donor darah ini merupakan bagian aktivitas Sabha Yowana  Desa Adat Belayu. “Lewat PMI Unit Tabanan, kami ketahui dalam kondisi tertentu bank darah di PMI kadang kekurangan,” ungkap anggota DPRD Kabupaten Tabanan ini.  

Harapannya, melalui kegiatan donor darah, masyarakat yang membutuhkan darah, baik yang sedang dirawat di rumah sakit atau yang membutuhkan  transfusi darah secara mendadak, bisa terbantu.

Sementara itu Bendesa Adat Belayu I Gusti Ngurah Putra Saskara  mengapresiasi kegiatan donor darah  karena dinilai sangat positif. Tokoh asal Puri Gede Belayu ini pun berharap antara Desa Adat Belayu dan tiga Desa Dinas ( Desa  Batan Nyuh, Desa Peken dan  Desa Beringkit) serta tokoh masyarakat semakin bersinergi.

Pada kegiatan donor darah yang dilaksanakan bekerjasama dengan Komunitas Galang Hati dan LSM Balanusa tersebut juga diserahkan bantuan paket sembako untuk anak-anak  yatim piatu. *k17

Komentar