nusabali

Ny Putri Koster Kagumi Pertanian Organik di Sidan

  • www.nusabali.com-ny-putri-koster-kagumi-pertanian-organik-di-sidan

GIANYAR, NusaBali
Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster memanen terong dan cabai di Puspa Aman (Pusat Pangan Alami Mandiri Asri Nyaman) yang bersinergi dengan program Aku Hatinya PKK (Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Jumat (8/4) pagi.

Dia mengagumi penerapan pertanian organik di Desa Sidan. Ny Putri Suastini Koster meminta masyarakat mengurangi penggunaan pupuk kimia. “Tanaman yang kita tanam sekarang jauhkan dari pupuk kimia, kita sudah beralih ke organik. Kembali seperti dahulu,” ujar Ny Putri Suastini Koster. Menurutnya, kehadiran program Aku Hatinya PKK dan Puspa Aman merupakan kreativitas guna menggerakkan masyarakat dalam menjalankan program pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan khususnya di Gianyar. “Kita tahu Kabupaten Giayar sangat subur, seperti halnya dengan Kabupaten Tabanan, disamping pariwisata, pertaniannya juga kuat,” kata Ny Putri Suastini Koster.

Istri Gubernur Bali ini mengajak seluruh kader PKK dari tingkat provinsi hingga ke kader di desa agar setiap keluarga untuk menata halaman rumahnya sesuai Program Aku Hatinya PKK. “Yuk Ibu-ibu, tata halaman rumah kita agar rumah kita menjadi rumahku istanaku sehingga anggota keluarga menjadi nyaman,” ajaknya.

Selain itu, Ny Putri Suastini Koster berharap Gianyar punya sistem penanganan sampah yang sistematis sehingga kedepannya tidak menimbulkan masalah. “Desaku bersih tanpa mengotori desa lain. Dimana sampah itu dibikin disitu diselesaikan,” pintanya.

Setelah memanen terong dan cabai, Ny Putri Koster didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Adnyani Mahayastra menanam tanaman kelor dan melepaskan ikan di saluran irigasi setempat. Ny Putri Suastini takjub melihat olahan pangan berbahan dasar moringa atau kelor yang dipamerkan serta padi organik khas Desa Sidan. Di akhir acara, disuguhkan makanan tradisional khas Sidan yang diolah dari hasil pertanian organik Desa Sidan.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Adnyani Mahayastra mengatakan Desa Sidan dijadikan lokasi Puspa Aman Aku Hatinya PKK karena strategis dan tersedia lahan cukup. Selain itu, sebagai upaya mendukung pengembangan desa wisata berupa eco wisata Desa Sidan. Areal Puspa Aman dan Aku Hatinya PKK ini seluas 10 are, dilengkapi rumah bibit dan ditanami berbagai jenis tanaman holtikultural, bumbu-bumbuan, Pucuk Bang, dan saluran irigasi ditebari bibit ikan. *nvi

Komentar