nusabali

Paiketan Pasek Sumbang Sembako

  • www.nusabali.com-paiketan-pasek-sumbang-sembako

GIANYAR, NusaBali
Paiketan Maha Daksa Gotra (MDG) merupakan paiketan dari klan Pasek, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, menyumbangkan paket sembako kepada belasan sameton (saudara) satu klan Pasek di Kecamatan Blahbatuh, Rabu (6/4) sore.

Selain sembako, sumbangan juga diberikan berupa buku Babad Pasek dan Silsilah Pasek.  Kegiatan tersebut dikemas serangkaian peringatan HUT ke-1 Paiketan MDG Kecamatan Blahbatuh, di rumah Jero Mangku Pasek, Banjar/Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh. Acara peringatan HUT Paiketan MDG diisi dengan dharma wacana oleh Ida Pandita Mpu Dwi Daksa Nata dari Griya Wana Giri Kusuma di Banjar Marga Sengkala, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh. Ida Pandita Mpu menekankan agar semeton Pasek terus meningkatkan sradha (kepercayaan) dan bhakti kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa dan Ida Bhatara Lelangit.  

Ketua Paiketan MDG Kecamatan Blahbatuh I Komang Asta Wiguna mengatakan bahan sumbangan dan punia ini didapatkan dari bantuan sejumlah sameton yang rejekinya masih bertahan di tengah pandemi Covid-19. Sumbangan berupa uang itu dikumpulkan lanjut diserahkan kepada sameton Pasek yang masih menghadapi kesulitan hidup karena tekanan pandemi sejak Maret 2020. Sumbangan berupa sembako dan buku itu diberikan kepada sameton Pasek dari sejumlah banjar dari Desa Bedulu, Buruan, Blahbatuh, dan Saba. Paiketan juga menyerahkan punia kepada sulinggih.

Ketua MGPSSR (Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi) Kecamatan Blahbatuh Ketut Panca menekankan agar sameton Pasek selalu ingat dengan trilogi Kepasekan, yakni bhakti ring kawitan, eling ring bhisama, dan guyub ring sameton. *lsa

Komentar