nusabali

Rekanan Cabut 141 Wifi Gratis

  • www.nusabali.com-rekanan-cabut-141-wifi-gratis

Siswa yang biasanya belajar daring di balai banjar kebingungan karena internet off.

AMLAPURA, NusaBali

Rekanan mencabut 141 wifi gratis milik Pemkab Karangasem per 1 Januari 2022. Wifi gratis tersebut terpasang sejak tahun 2019. Pencabutan wifi gratis karena Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Karangasem tidak ada kata sepakat untuk melanjutkan kontrak dengan rekanan. Alasannya, rekanan tidak mampu mengembangkan jaringan. Diskominfo Karangasem targetkan 217 titik, tetapi terpasang di 141 titik.

Kadis Kominfo Karangasem, I Gede Ngurah Yudiantara, mengatakan telah mengganti rekanan yang sanggup mengembangkan jadi 196 titik wifi gratis. Pemasangan ditarget tuntas pada Agustus 2022. Imbas pencabutan wifi gratis, internet di balai banjar dan objek wisata off. Siswa yang biasanya belajar daring di balai banjar kebingungan karena internet off. Sejak 141 titik wifi dicabut, warga komplin ke Diskominfo Karangasem. “Kami telah berikan penjelasan, warga memaklumi. Tujuan kami semua wilayah Karangasem terjangkau internet. Namun rekanan enggan memperluas jaringan, kontrak kami hentikan dan wifi dicabut,” ungkap Gede Yudiantara, Jumat (8/4).

Gede Yudiantara menambahkan, rekanan yang baru sanggup mengembangkan 146 titik wifi menggunakan FO, ditambah perluasan jaringan dari 36 titik wifi menggunakan wireless menjadi 50 titik. “Minimal nanti terpasang di 196 titik,” ungkap Gede Yudiantara. Dari 141 titik wifi yang sebelumnya telah terpasang, menjangkau 121 banjar, 9 objek wisata, dan 11 Puskesmas. Objek wisata yang dipasang wifi gratis yang ada fasilitas gedung untuk tempat server wifi. “Target pasang di 15 objek wisata, telah terpasang 9 titik wifi. Target pasang di 12 Puskesmas telah terpasang di 11 Puskesmas. Hanya di Puskesmas Rendang tidak bisa pasang karena jaringannya krodit,” jelas Gede Yudiantara.

Target jangka panjang sebanyak 190 desa adat yang mewilayahi 715 banjar adat terlayani internet gratis. Tercatat yang paling banyak belum terjangkau internet di Kecamatan Kubu sebanyak 53 banjar tersebar, Kecamatan Selat sebanyak 51 banjar, Kecamatan Karangasem sebanyak 25 banjar, Kecamatan Manggis sebanyak 17 banjar, Kecamatan Rendang sebanyak 19 banjar, Kecamatan Abang di 16 banjar, Kecamatan Bebandem di 15 banjar, dan Kecamatan Sidemen di 3 banjar. *k16

Komentar