nusabali

Kepala SKPD di Buleleng Didorong Jadi Dosen Tamu

  • www.nusabali.com-kepala-skpd-di-buleleng-didorong-jadi-dosen-tamu

SINGARAJA, NusaBali
Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Buleleng didorong agar bersedia menjadi dosen tamu atau narasumber dalam kuliah praktisi yang digelar di lingkungan perguruan tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Gede Suyasa, usai menjadi narasumber dalam perkuliahan di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Kamis (7/4).

Suyasa meminta para Kepala Dinas atau Badan di lingkup Pemkab Buleleng bersedia menjadi narasumber dalam kuliah praktisi yang digelar kampus-kampus di Buleleng. Hal itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penyelenggara kuliah praktisi. "Sudah ada beberapa Kepala Dinas atau Badan yang telah diminta menjadi pengajar ataupun narasumber praktisi. Sesuai kebutuhan di masing-masing fakultas," katanya.

Suyasa menjelaskan, Kemendikbudristek RI telah meminta kepada seluruh Universitas untuk menghadirkan praktisi dalam perkuliahan. Ini untuk menyeimbangkan antara teori yang diajarkan dengan pengalaman dan pandangan dari para praktisi. Sehingga bisa menyampaikan bagaimana prakik di lapangan kepada mahasiswa. "Apa yang didapatkan secara teoritis apakah begitu juga di lapangan," jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng ini mengatakan, dalam memberikan kuliah praktisi, mesti dengan cara santai namun serius. Pengalaman-pengalaman yang telah dilalui baik itu sejak masa kuliah hingga meniti karier dibagikan kepada mahasiswa yang hadir. Kata dia, pengalaman itu diharapkan memberikan tambahan pengetahuan kepada mahasiswa.

"Supaya mahasiswa menyadari bahwa ada situasi yang kadang berbeda dengan teori yang mereka pelajari di kampus," tandas Suyasa. *mz

Komentar