nusabali

DPRD Tabanan Usung Konsep 'Desa Persisi'

  • www.nusabali.com-dprd-tabanan-usung-konsep-desa-persisi

TABANAN,NusaBali
Konsep ‘Desa Persisi’  berisi dan memuat data lengkap  tentang seluruh desa  yang ada di Tabanan. Ibarat  membangun, Desa Persisi adalah detail gambar tentang wujud  fisik bangunan nantinya.

Kesepakatan tersebut diputuskan dalam rapat DPRD Tabanan  bersama eksekutif, kelompok ahli (pokli) dan komponen lainnya di DPRD Tabanan, Kamis (7/4). Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga menegaskan Perda Desa Persisi sangat penting bagi Kabupaten Tabanan. “Karena ‘Desa Persisi’ itu akan lengkap dengan data-data, apapun  itu ada di sana,”  ujar Dirga usai memimpin  rapat.

Desa Persisi ini juga mencangkup potensi desa.  “Sekarang ini gambar kita bikin, data kita bikin. Setelah data itu ada, darimana kita memulainya, sesuai dengan kemampuan keuangan kita,” lanjut Dirga.

Karena itulah Dewan berinisiatif merancang Ranperda Desa Persisi dimaksud.  Desa Persisi  kata Dirga, merupakan visi dan misi Bupati Komang   Gede Sanjaya, saat  kampanye. Terkait  istilah Desa Persisi merupakan hak paten dari pihak lain (Institut Pertanian Bogor/IPB), dikatakan Dirga, tidak  jadi persoalan. Karena  ketika Presiden nanti mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait  Desa Persisi, maka penggunaan istilah tersebut bisa oleh banyak pihak, dalam hal ini seluruh desa di Indonesia. Dikatakan‘ Desa Persisi’ nanti berbasis digital.

Sementara itu  Asisten I Setda Tabanan Anak Agung  Ngurah Satryatenaya  menegaskan jika Ranperda tentang Desa Persisi berasal dari dewan.  Makanismenya nanti,  kata AA Ngurah Satryatenaya, maka dari Dewan yang akan mengajukan Ranperda tersebut. Selanjutnya akan dibahas di eksekutif. “Harus sinkron dengan  visi dan misi Kabupaten Tabanan,” jelasnya.

Rencananya judul ranperda tentang ‘Desa Persisi  adalah Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Berbasis Data  Desa Persisi. Dalam rapat kemarin, Ketua Dewan Made Dirga didampingi Ketua Komisi I Putu Eka Putra Nurcahyadi,  Ketua  Badan Perencanaan Peraturan Daerah (Bapenperda) I Wayan Edy Nugraha Giri dan anggota lainnya, diantaranya I Gusti Komang Wastanayasa, I Ketut Arsana Yasa, Made Dewi Trisnayanti.   Sedang dari eksekutif selain Asisten I Setda AA Ngurah Satryatenaya,  juga ada Kabag Hukum I Nyoman Mardiana serta yang lainnya. *k17

Komentar