nusabali

Kapolda Lakukan Mutasi Besar-besaran

Sejumlah Wakapolres hingga Kasat Digeser

  • www.nusabali.com-kapolda-lakukan-mutasi-besar-besaran

"Ya, benar ada 307 anggota yang dirotasi. Rotasi ini biasa dan tidak ada yang spesial. Ini untuk penyegaran,"

DENPASAR, NusaBali
Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra memutasi jabatan 307 anggotanya. Mutasi jabatan terhadap ratusan anak buahnya itu tertuang dalam Telegram Rahasia (TR) Nomor STR/272/IV/KEP/2022, tanggal 6 April 2022.

Informasi di lapangan, Kamis (7/4), dari ratusan kursi jabatan yang dirotasi itu, tiga kursi diantaranya adalah jabatan Wakapolres Jembrana. Perwira yang mendapat promosi jabatan itu adalah Kompol Losa Lusiano Araujo yang merupakan Kasat Narkoba Polresta Denpasar.

Perwira melati satu di pundak ini mendapat jabatan Wakapolres Jembrana selang sebulan lebih berhasil membongkar jaringan pengedar 25 kilogram shabu, pada 19 Febuari 2022 dan 5 hari setelah membongkar home industri kukis isi narkoba.

Kompol Losa akan menduduki kursi jabatan Wakapolres Jembrana yang ditinggalkan Kompol Marzel Doni. Kompol Doni sendiri akan menduduki jabatan Wakapolres Gianyar yang saat ini dijabat oleh Kompol Nyoman Wirajaya. Kompol Nyoman Wirajaya yang merupakan mantan Kapolsek Denpasar Selatan itu ditarik Polda Bali dalam jabatan sebagai Kanit 2 Subdit I Dit Reskrimsus.

Salah satu jabatan Wakapolres yang dirotasi adalah jabatan Wakapolres Karangasem Kompol Dewa Putu Gede Anom Danujaya. Mantan Kasat Reskrim Polresta Denpasar itu ditarik ke Mapolda Bali dalam jabatan baru sebagai Koorsprim menggantikan Kompol Gede Eka Putra Astawa yang akan pendidikan Sespimmen. Kursi Wakapolres Karangasem akan ditempati Kompol Fachmi yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Kediri.

Selain jabatan Wakapolres, Kapolda juga merotasi perwira yang menjabat sebagai Kapolsek. Khusus di wilayah hukum Polresta Denpasar ada dua jabatan Kapolsek yang dimutasi, yakni Kapolsek Denpasar Timur Kompol Tri Joko Widiyanto ditarik ke Mapolda Bali dalam jabatan baru sebagai Kanit 2 Subdit V Dit Reskrimsus. Kursi yang digantikannya akan diisi oleh Kabag Ops Polres Tabanan Kompol Nengah Sudiarta.

Berikutnya Kapolsek Denpasar Selatan Kompol I Gede Sudyatmaja. Mantan Kapolsek Ubud ini ditarik ke Mapolda Bali dalam jabatan baru sebagai Kanit 4 Subdit I Dit Res Narkoba. Sementara kursi yang ditinggalkannya digantikan oleh Kompol Made Teja Dwi Permana dari Spripim.

Selain jabatan Wakapolres dan Kapolsek, Kapolda juga merotasi sejumlah jabatan Kasat. Beberapa Kasat yang digeser, misalnya Kasat Lantas Polres Badung AKP Aan Saputra. Dia digeser jadi Kasat Lantas Polres Jembrana menggantikan AKP Dewa Gede Ariana yang ditarik ke bagian Biro Ops Polda Bali. Sementara jabatan Kasat Lantas Polres Badung akan diisi oleh Iptu Ni Putu Melpin Ekayanti dari Dit Lantas Polda Bali.

Kasat Reskrim Polres Gianyar AKP Lorens Rajamangapul Heselo. Perwira asli Papua yang juga mantan Kasat Reskrim Polres Badung ini ditarik ke Dit Reskrimum dalam jabatan sebagai Kanit 3 Subdit IV. Kursi jabatan yang ditinggalkannya akan diisi oleh AKP Ario Seno Wimoko yang saat ini menjabat Kasat Reskrim Polres Klungkung. Sementara Kasat Reskrim Polres Klungkung akan dijabat oleh Iptu Arung Wiratama dari Panit 2 Unit 2 Subdit IV Dit Reskrimsus Polda Bali.

"Terimakasih atas doa dan dukungannya. Mohon bantuan dari rekan-rekan dan masyarakat. Saya ditarik ke Dit Reskrimum Polda Bali," ungkap Kasat Reskrim Polres Gianyar AKP Laorens saat dikonfirmasi kemarin.

Sementara Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Syamsi membenarkan adanya mutasi terhadap 307 personil tersebut. "Ya, benar ada rotasi. Rotasi ini biasa dan tidak ada yang spesial. Ini untuk penyegaran," ungkap Kombes Syamsi. *pol

Komentar