nusabali

Kondisi Cuaca Mereda, BPBD Tabanan Tetap Siaga

  • www.nusabali.com-kondisi-cuaca-mereda-bpbd-tabanan-tetap-siaga

TABANAN, NusaBali
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan tak mengendorkan kesiapsiagaan walau kondisi cuaca relatif kondusif.

Terutama kesiapan fisik dan mental personel, selain kesiapsiagaan peralatan dan perlengkapan operasional. Kepala Pelaksana BPBD Tabanan I Nyoman Srinadha Giri, menegaskan belakangan ini kondisi cuaca di Tabanan cukup stabil. Hujan dengan intensitas tinggi sudah berkurang, demikian juga faktor-faktor pemicu bencana seperti angin pun stabil. “Tetapi kita siaga, tak boleh kendor untuk antisipasi,” kata Srinadha Giri, Rabu (6/4).

Selain dari sisi SDM, sarana dan peralatan pendukung di antaranya senso tetap disiagakan. “Dua hari sekali tetap dihidupkan mesinnya untuk  menjamin peralatan siap dipakai sewaktu-waktu,” lanjut Srinadha Giri.

Dikatakan BPBD Tabanan memiliki 10 unit senso untuk mendukung operasional. Terkait itu, kata Srinadha Giri, juga sudah disampaikan untuk   penambahan 4 senso, guna antisipasi bencana alam, terutama untuk memotong pohon tumbang, salah satu bencana yang cukup sering terjadi di Tabanan. “Seperti dulu, saat angin putting beliung, pohon tumbang terjadi hampir berbarengan,” ungkapnya.   

Demikian juga peralatan lainnya, di antaranya mesin sedot air juga siap.  BPBD Tabanan, menurut Srinadha Giri, memiliki dua unit mesin sedot air. Sedangkan untuk memangkas maupun memotong cabang dan ranting pohon di jalan, yakni mobil crane, BPBD berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH). “Kami pinjam kalau diperlukan sewaktu-waktu,” ujarnya. Demikian juga dengan alat berat, seperti bulldozer, jika memang urgen akan menyewa kepada pihak lain. “Prinsipnya kami selalu siaga,” tegas Srinadha Giri. *k17

Komentar