nusabali

Mengejutkan, Bayern Muenchen Dipecundangi Villareal

  • www.nusabali.com-mengejutkan-bayern-muenchen-dipecundangi-villareal

VILLARREAL, NusaBali- Villarreal menghadiahkan kekalahan tandang pertama Bayern Muenchen dalam Liga Champions selama hampir lima tahun ketika mereka menang 1-0 dalam leg pertama perempat final kompetisi ini di Estadio de la Ceramica, Rabu (6/4/2022) waktu setempat.

Arnaut Danjuma mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan itu setelah laga baru berjalan delapan menit saat dia melepaskan tendangan terukur dari umpan Dani Parejo yang tak bisa dihalau kiper Manuel Neuer.

Menjadi tim yang lebih baik untuk sebagian besar pertandingan ini, terutama pada babak pertama, Villarreal mungkin menyesal tidak menambah keunggulannya menjelang leg kedua yang menentukan di Muenchen pekan depan.

Namun, kemenangan ini merupakan pencapaian tersendiri melawan klub yang tidak pernah kalah dalam 22 pertandingan tandang Liga Champions sejak ditaklukan Paris Saint-Germain pada 2017.

Hebatnya, pelatih PSG hari itu adalah bos Villarreal saat ini, Unai Emery. Dan pelatih asal Spanyol itu layak mendapat pujian besar karena menjadi otak kekalahan juara Liga Jerman itu.

Bayern yang memuncaki klasemen Bundesliga yang memburu gelar Liga Champions ketujuhnya memiliki keunggulan besar dalam bentuk dan silsilah Eropa melawan tim urutan ketujuh Liga Spanyol yang baru empat kali bermain dalam  kompetisi utama Eropa.

Tetapi Bayern kesulitan mengatasi permainan kompak Villarreal dengan serangan balik dan intensitasnya.

Manajer Bayern Muenchen Julian Nagelsmann mengakui timnya memang pantas kalah melawan Villarreal dalam leg pertama perempat final Liga Champions di kandang Villarreal,

“Kami pantas kalah. Hari ini kami tidak bagus. Pada babak pertama, kami kehilangan kekuatan pada barisan pertahanan dan membuat peluang yang terlalu sedikit," kata Julian Nagelsmann kepada DAZN seperti dikutip laman UEFA-Liga Champions, Kamis.

"Babak kedua sungguh. Kami menyerahkan kendali karena kami sangat ingin mencetak gol, tetapi kami bisa saja kebobolan dua gol lagi," aku Nagelsmann.

Villarreal dua kali hampir mencetak gol untuk menambah keunggulanya, pertama ketika VAR memutuskan Francis Coquelin offside sebelum umpan silangnya melayang ke bagian belakang jaring Neuer. Kedua, ketika Gerard Moreno melepaskan tembakan dari jarak 25 yard ke bagian bawah tiang gawang pada babak kedua.

 Unai Emery pun  memuji timnya yang disebutnya telah membahagiakan semua orang, termasuk dia dan pendukung Villarreal.

"Hal yang paling memuaskan dari malam ini adalah menyaksikan bangganya masyarakat. Bahwa mereka ingin berbagi dengan kami. Ya, profesionalisme sangat penting. Tapi sepak bola adalah sentimen. Jadi saya sangat bangga membuat fans kami sangat senang malam ini," kata Emery.

“Itu semua bagian dari pengalaman bahwa kami mendapatkan gol yang dianulir, bahwa Bayern membuat sejumlah peluang, bahwa kami melewatkan beberapa peluang. Tapi saya puas kepada apa yang saya saksikan. Yang kami butuhkan bersikap seperti ini, level ini. dan makin lebih lagi pekan depan," sambung Emery.

"Kami mesti menuntut lebih lagi dari diri kita sendiri dengan berusaha menyingkirkan mereka (Bayern). Tim saya sangat kompetitif. Mereka sungguh sempurna malam ini," pungkas Emery. Kedua tim bertemu kembali di Muenchen pada leg kedua pekan depan. *ant

Susunan Pemain:
Villarreal (4-4-2): Geronimo Rulli; Juan Foyth (Serge Aurier 81'), Raul Albiol, Pau Torres, Pervis Estupinan; Francis Coquelin (Alfonso Pedraza 59'), Etienne Capoue, Daniel Parejo; Gerard Moreno, Arnaut Danjuma (Samuel Chukwueze 81'), Giovani Lo Celso.

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Alphonso Davies, Lucas Hernandez, Dayot Upamecano, Benjamin Pavard (Niklas Suele 71'); Jamal Musiala, Joshua Kimmich; Serge Gnabry (Leroy Sane 62'), Thomas Mueller (Leon Goretzka 62' (Marc Roca 90')), Kingsley Coman; Robert Lewandowski.

Komentar