nusabali

Tim BBPOM Cek Takjil Buka Puasa di Gianyar

  • www.nusabali.com-tim-bbpom-cek-takjil-buka-puasa-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Tim dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar menguji kadar sehat pangan buka puasa atau takjil di Masjid Al A'la Gianyar, Jalan Kesatrian, Kelurahan/Kecamatan Gianyar, Rabu (6/4) sore.

11 sampel pangan diuji, diantaranya pepes ikan, kolak, minuman berwarna, dan aneka pangan lain. Kepala Subsanti Infokom BPOM Denpasar Luh Putu Witariathi menjelaskan, intensifikasi pengawasan ini melibatkan OPD terkait. Seperti, unsur Dinas Kesehatan, Disperindag, dan Dinas Ketahanan Pangan Gianyar. "Kami bersama mengawasi. Upaya ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat terutama yang akan berbuka puasa," jelasnya.

BBPOM hadir untuk memberikan jaminan keamanan produk pangan. "Jadi, kami memberikan jaminan seperti itu," jelasnya. Dari 11 sampel yang diuji, semuanya memenuhi syarat.

"Yang kami antisipasi ada kandungan formalin dan pemakaian pewarna tekstil, juga dilakukan uji boraks. Itu parameter yang kami uji. Dari 11 sampel, semuanya aman dikonsumsi," tegasnya.

Selama intensifikasi pengawasan, BBPOM Denpasar juga mengawasi ke sejumlah distributor makanan. "Kami cek kemasan, label, izin edar apakah sudah apa ndak. Kadaluarsa. Banyak juga pas hari raya bingkisan parcel, juga kita lihat kadaluarsa apa ndak. Permintaan meningkat penjualan meningkat. Agar masyarakat aman konsumsi pangan," terangnya. Tidak saja saat bulan puasa, BBPOM juga intensifkan pengawasan pangan saat Lebaran. "Kami lakukan pengawasan secara rutin terkait keamanan mutu dan manfaat suatu produk, obat tradisional maupun kosmetik. Pada hari tertentu konsumsi meningkat, jadi kita lakukan intensifikasi pengawasan," jelas Luh Witari. *nvi

Komentar