nusabali

Warga Tionghoa Gelar Ritual Cheng Beng

  • www.nusabali.com-warga-tionghoa-gelar-ritual-cheng-beng

AMLAPURA, NusaBali
Seratusan warga Tionghoa di Karangasem menggelar ritual Cheng Beng atau Qing Ming (bersih terang) dengan menggelar persembahyangan dan persembahan aneka buah dan makanan di kuburan China, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Selasa (5/4) sore.

Aneka buah, makanan, dan babi guling dipersembahkan di Palinggih Toa Pekong. Ritual persembahan dipimpin Jro Mangku Suryadi.  Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Karangasem, Thomas Baskara Prasetio, menjelaskan perayaan Cheng Beng merupakan ritual tahunan etnis Tionghoa untuk sembahyang dan ziarah di kuburan sesuai ajaran Kong Hucu. Tujuannya untuk mendoakan arwah leluhur. Sembahyang dan ziarah dengan mengajak sanak keluarga dan kerabat. Perayaan Cheng Beng mulai Senin (21/3) hingga Selasa (5/4). “Sebelumnya masing-masing keluarga melakukan persembahyangan sendiri-sendiri di liang kubur leluhur dan Palinggih Toa Pekong,” ungkap Thomas didampingi Sekretaris INTI Karangasem, Putu Cinta Sentosa.

Ritual Cheng Beng sempat tersendat selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Seksi Upacara Feriani merasa bersyukur pada tahun 2022 kembali bisa merayakan Cheng Beng sehingga bisa bertemu seluruh warga Tionghoa. “Ini ritual pertama sejak tahun 2019,” kata Feriani. Usai melakukan persembahyangan, dilanjutkan makan bersama menikmati aneka buah, jajan, dan persembahan lainnya. *k16

Komentar