nusabali

Ketua TP PKK Tabanan Hadiri Program PKK 'Pasar Rakyat' di Bangli

  • www.nusabali.com-ketua-tp-pkk-tabanan-hadiri-program-pkk-pasar-rakyat-di-bangli

TABANAN, NusaBali
Ketua TP PKK Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya menghadiri undangan pasar rakyat PKK 2022 yang diselenggarakan di alun-alun Kabupaten Bangli, Senin (4/4) pagi.

Di kesempatan itu, hadir Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster, Bupati dan Wabup Bangli, serta seluruh ketua TP PKK kabupaten/kota se-Bali, Kadis PMD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Bali.

Dalam arahannya, Ny Putri Koster menegaskan tentang 10 program unggulan PKK yang sedang digencarkan realisasinya. Program unggulan PKK terbagi dalam 2 kategori, yaitu sosialisasi dan aksi sosial. Dia mengimbau kader PKK semakin menggalakkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, tidak hanya dengan turun langsung namun juga memanfaatkan media elektronik, cetak, dan sosial.

Mengenai aksi sosial, dia juga menyampaikan bahwa PKK akan lebih memfokuskan kegiatan sosial di masyarakat dibandingkan kegiatan-kegiatan normatif dan seremonial, termasuk di dalamnya pasar rakyat.

“Pasar rakyat ini bagai pisau dengan dua mata. Sebulan sekali kita para pengurus PKK di seluruh kabupaten dan kota se-Bali bisa bertemu dan tatap muka untuk saling sharing. Di sisi lain kegiatan ini juga langsung menyasar masyarakat, kita belanja dan berbagi, walaupun hanya sehari namun dampaknya luar biasa,” kata Ny Putri Koster.

Menanggapi pasar rakyat, Ny Rai Sanjaya sampaikan apresiasi dan dukungan terhadap Kabupaten Bangli dalam memfasilitasi masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi melalui hasil-hasil bumi yang diperdagangkan. “Program pasar rakyat ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi masyarakat untuk berdagang. Semoga manfaatnya untuk bangkit dan meningkatkan sektor perekonomian masyarakat bisa langsung dirasakan, nanti tentunya di Tabanan akan siap untuk ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan ini,” ujar ketua TP PKK Tabanan tersebut.

Sebagai penutup, Ny Putri Koster sampaikan apresiasi bagi kesuksesan pasar rakyat di Bangli, serta berikan semangat bagi PKK untuk terus maju, berinovasi, dan menjadi partner yang baik dan hebat bagi pemerintah. “Ambil hal-hal kecil dengan ketulusan hati, dengan cinta yang besar, niscaya akan memberikan perubahan dalam kehidupan kita. Hal itu berkaitan erat dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui tatanan fisiknya. PKK tetap semangat, di pasar rakyat ini tempat kita bergotong-royong, tempat untuk menyapa dan peduli serta berbagi untuk masyarakat setempat,” tuturnya.

Pasar rakyat dengan tema ‘Menyapa dan Berbagi’ ini menghadirkan hasil bumi pertanian dan kerajinan asli para petani dan perajin Kabupaten Bangli, mulai sembako, makanan dan minuman, produk lokal dan kerajinan masyarakat. Para undangan dan masyarakat dipersilakan berbelanja di pasar rakyat, dan hasil belanjaan tersebut nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sebanyak 200 paket sembako disiapkan, penerima bantuan berjumlah 100 orang dari 4 kecamatan, dengan kriteria penerima yaitu masyarakat kurang mampu dan yang terdampak pandemi Covid-19. *des

Komentar