nusabali

Puluhan Pelaku Pariwisata Ikuti Sertifikasi

  • www.nusabali.com-puluhan-pelaku-pariwisata-ikuti-sertifikasi

SINGARAJA, NusaBali
10 karyawan hotel dan restoran dan 20 orang anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan 2 orang staf Dinas Pariwisata, mengikuti Sertifikasi Uji Kompetensi, Selasa (2/4).

Mereka diuji kompetensi pemandu wisata dan okupansi jasa boga. Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, Selasa (5/4), mengatakan uji kompetensi pelaku pariwisata secara rutin digelar setiap tahun. Dinas Pariwisata  pun menganggarkan biaya sertifikasi melalui APBD Kabupaten Buleleng. Sertifikasi uji kompetensi ini digelar untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata.

“Sertifikasi ini penting seiring dengan persiangan globalisasi. Pelaku pariwisata dituntut untuk memiliki sertifikasi mereka  sebagai pengakuan keterampilan, sikap yang dimiliki. Selain juga bisa untuk menunjang karir,” kata Dody Sukma.

Untuk anggota Pokdarwis, jelas dia, uji kompetensi ini diikuti untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pariwisata di tempat tinggal mereka. Masing-masing Pokdarwis yang terlibat diharapkan kedepannya dapat mengembangkan pengelolaan pariwisata di desa, sehingga kesejahteraan masyarakat sekitar juga terdampak.

Direktur Lembaga Sertifikasi Pariwisata Indonesia I Ketut Putra Suarthana, dalam sambutannya mengatakan pemerintah sedang menggalakkan kebutuhan tenaga kerja di bidang pariwisata. Menurutnya pemerintah pusat melalui pemerintah daerah sudah memberikan ruang dan kemudahan pegawai hotel untuk memiliki sertifikat. “Sertifikasi ini sebagai pengakuan kompetensi yang dimiliki dan menyatakan pelayanan yang diberikan oleh pelaku pariwisata sudah sesuai dengan standar bintang yang dimiliki,” kata Putra Suarthana.*k23

Komentar