nusabali

Siswa di Klungkung Antusias Ikuti PTM

  • www.nusabali.com-siswa-di-klungkung-antusias-ikuti-ptm

SEMARAPURA, NusaBali
Para siswa di Klungkung tampak antusias kembali mengikuti PTM (pembelajaran tatap muka) per Senin (4/4).

PTM ini merupakan PTM pengulangan setelah dihentikan sementara karena Klungkung kembali dirajam kasus Covid-19, sebagaimana secara terjadi umum di Bali. Kondisi tersebut tergambar saat Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wabup Klungkung Made Kasta memantau pelaksanaan PTM, memantau pelaksanaan hari pertama PTM pada sekolah berbeda. Bupati Suwirta di antaranya memantau SDN 1 Semarapura Tengah dan SMP Negeri 3 Semarapura di Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Senin (4/4) pagi.

Kata Bupati, Senin kemarin di Klungkung secara serentak sekolah melaksanakan PTM. Bupati mengaku berkunjung ke sekolah SD maupun SMP untuk melihat kesiapan dan semangat anak-anak untuk mengikuti PTM ini

Dari sekian siswa yang ditanyakan oleh orang nomer satu di Klungkung ini, ternyata hampir semua bersorak dan mengaku lebih senang belajar di sekolah. "Ini artinya ketika mereka semangat, saya yakin pelajaran akan masuk ke dalam hati. Nantinya mereka akan jadi anak-anak yang pintar, cerdas, dan berkualitas," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan masih ada beberapa sekolah yang melaksanakan PTM yang perlu dievaluasi. Hasil evaluasi dapat menjadi bahan koreksi untuk sekolah-sekolah lain. Di antaranya, ketika 50 persen anak-anak menggunakan tempat duduk, maka perlu diatur. Setengah tempat duduk lainnya agar dilipat atau dikosongkan.

Bupati Suwirta minta kepada para kepala sekolah maupun guru agar memotivasi anak-anak pada hari pertama PTM. Karena anak-anak mungkin selama ini jenuh di rumah dan tidak bertemu teman-teman. "Berikan mereka semangat, dan terpenting tetap menjaga protokol kesehatan (prokes)," harap Bupati Suwirta.

Sementara itu, PTM di SD Negeri 1 Semarapura Tengah dilaksanakan dua sesi, yakni dari pukul 07.30 - 09.15 Wita,  dan pukul 10.00 Wita - 11.45 Wita. Sedangkan untuk PTM di SMPN 3 Semarapura sesi pagi dimulai pukul 07.00 Wita - 11.00 Wita, dan sesi siang dari pukul 12.30 - sampai pukul 16.30 Wita.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta memantau PTM di SMPN 2 Semarapura, SDN 1 Takmung, SDN 2 dan SDN 4 Kusamba. Dalam kesempatan tersebut, Wabup Kasta berharap agar protokol kesehatan (prokes) benar-benar diikuti dengan sebaik-baiknya oleh warga sekolah. "PTM kembali dilaksanakan di Klungkung. Kami ingin memastikan seluruh warga sekolah benar benar menerapkan protokol kesehatan," kata wabup asal Desa Akah, Kecamatan Klungkung dari Partai Gerindra ini.

Wabup Kasta juga mengingatkan warga sekolah untuk menggunakan masker, tidak berjabat tangan, menyediakan tempat cuci tangan, dan penerapan dua sesi belajar. Dua rombel ini bagi sekolah dengan jumlah rombel dan siswa yang banyak, namun dengan sarana prasarana terbatas. *wan

Komentar