nusabali

Libatkan Swasta, SDN 5 Sepang Direhab

  • www.nusabali.com-libatkan-swasta-sdn-5-sepang-direhab

SINGARAJA, NusaBali
Siswa dan guru SDN 5 Sepang, Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, saat ini bisa belajar dengan tenang dan nyaman.

Tiga ruang kelas yang sebelumnya mengalami kerusakan, sudah selesai diperbaiki. Bantuan rehabilitasi ruang kelas ini bersumber dari program coorporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika, Senin (4/4) mengatakan, tiga ruang kelas SDN 5 Sepang sebelumnya mengalami kerusakan kategori sedang, sehingga memerlukan perbaikan atap, plafon, lantai dan pengecatan.

“Rehab ruang kelas SDN 5 Sepang ini dari CSR, kebetulan tahun lalu Ibu Direktur Pembinaan SD Kemendikbud Ristek datang berkunjung. Melihat kondisi sekolah dicarikan jalan untuk mendapatkan rehab dari CSR ini,” ucap Astika.

Perehaban ruang kelas ini pun sudah dilakukan menjelang akhir tahun 2021 dan sudah tuntas dikerjakan di awal Januari 2022. Pihak ketiga dalam hal ini PT Indomarta Prismatama dan PT Sari Husada Generasi Mahardika cabang Bali memberikan anggaran Rp 184,9 juta.

Astika rehab dengan keterlibatan pihak swasta melalui CSR bisa diteruskan. Sebab masih banyak sekolah di Buleleng yang memerlukan penanganan. Sedangka anggaran pemerintah belum dapat menangani seluruh sekolah karena keterbatasan anggaran.

“Data kerusakan sekolah itu sangat dinamis. Kalau bisa skema tuntas akan sangat sulit. Karena kerusakan yang tahun ini ringan dua tahun lagi menjadi berat. Yang berat sudah ditangani tahun ini, lima tahun terakhir juga karena umur, kemungkinan mengalami kerusakan juga cukup besar,” imbuh pejabat asal Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak ini.

Selain memberikan bantuan rehab ruang kelas, perusahaan swasta itu juga menggelontor beasiswa untuk 100  siswa di Kabupaten Buleleng. Penerima beasiswa diprioritaskan siswa miskin yang masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 500.000. *k23

Komentar