nusabali

Tawur Agung Nasional di Prambanan

  • www.nusabali.com-tawur-agung-nasional-di-prambanan

Panitia perayaan Nyepi Nasional tahun 2017 mengagendakan sejumlah kegiatan untuk menyambut hari raya tersebut.

JAKARTA, NusaBali

Mereka menjadwalkan upacara Tawur Agung Kesanga tingkat nasional di candi Prambanan pada 27 Maret nanti. Oleh karena itu, Ketua Panitia Ketut Untung Yoga Ana dan beberapa panitia didampingi Ketum PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya bertemu Sri Paku Alam X di Yogyakarta.
 
"Pertemuan berlangsung Rabu (8/3) kemarin," ujar Koordinator Bidang Publikasi dan Dokumentasi Perayaan Hari Raya Nyepi Nasional Ida Bagus Alit Wiratmaja kepada NusaBali, Kamis (9/3). Pertemuan membahas tentang acara Tawur Agung di Prambanan. Pihak panitia mengharapkan gubernur dan wakil gubernur Yogyakarta hadir di acara tersebut.

Mereka juga berharap Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin turut hadir. Alit Wiratmaja mengatakan, nantinya selain Menag dan gubernur Yogyakarta yang akan hadir di upacara tersebut, perwakilan umat Hindu dari seluruh nusantara juga datang. "Di upacara Tawur Agung akan ada 40 ribu orang umat yang datang," imbuh Alit Wiratmaja.
 
Sementara upacara Melasti dilaksanakan sehari sebelum Tawur Agung. Pelaksanaan upacara Melasti diserahkan ke masing-masing daerah. Untuk wilayah DKI Jakarta berlangsung di pura Segara, Cilincing, Jakarta Utara. Sementara provinsi Banten di pantai Tanjung Pasir.

Sementara Dharmasanti Nasional, imbuh Alit Wiratmaja, berlangsung di Mabes TNI, Cilangkap pada 29 April. Mereka berharap orang nomor satu di Indonesia ini bersedia hadir.
 
Mereka pun berencana bertemu presiden Joko Widodo untuk meminta kesediaanya datang di acara silaturahmi umat Hindu tingkat nasional. Jadwalnya saat ini sedang mereka agendakan. "Semoga presiden bisa hadir di Dharmasanti," ucap Alit Wiratmaja.
 
Dharmasanti tingkat nasional tahun 2016 lalu sendiri tidak ada. Sebagai gantinya diserahkan ke daerah masing-masing. Untuk tahun ini, diadakan kembali. "Kami buat selang seling. Tahun lalu tidak ada. Tahun ini, baru kami laksanakan lagi," imbuhnya.  *k22

Komentar