nusabali

Kesra Data Warga yang Minat Transmigrasi

  • www.nusabali.com-kesra-data-warga-yang-minat-transmigrasi

BANGLI, NusaBali
Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Bangli akan turun ke desa untuk mendata warga yang berminat mengikuti program transmigrasi.

Berdasarkan data, peminat program transmigrasi kebanyakan dari Kecamatan Tembuku, Bangli. Meski turun melakukan pendataan, Bagian Kesra Setda Bangli belum mengetahui daerah yang akan dibuka untuk transmigrasi. Pendataan ini untuk update data calon transmigran agar valid.

Kabag Kesra Setda Bangli, I Gede Eddy Hartawan, menjelaskan bidang transmigrasi sebelumnya ada di Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja. Selanjutnya dialihkan ke Bagian Kesra. Gede Eddy menduga sudah ada perubahan data calon transmigran. Sehingga melakukan pendataan ulang. “Kemungkinan dulu mau ikut program transmigrasi, tapi kini sudah tidak berminat lagi. Data inilah kami perbaharui,” jelas Gede Eddy, Jumat (1/4).

Menurut Gede Eddy, pendataan menyasar desa-desa yang masyarakatnya berminat dengan program transmigrasi. Bagian Kesra menggandeng para perbekel untuk melakukan sosialisasi program transmigrasi. “Kalau ada warga yang berminat tentu akan didata. Ketika ada kuota maka bisa diusulkan. Kami kroscek dulu apakah warga tersebut siap dengan pilihan daerah yang ditetapkan pemerintah,” jelas Gede Eddy.

Diakui untuk tahun ini belum ada informasi daerah tujuan untuk program transmigrasi. Jika ada program, maka Pemkab Bangli sudah siap dengan data calon transmigran yang valid. Gede Eddy menambahkan, pendataan calon transmigran dengan anggaran Rp 50 juta. “Dalam waktu dekat kami mulai turun bersama perbekel,” ujar Gede Eddy. *esa

Komentar