nusabali

45 Siswa SMAN 2 Amlapura Lolos SNMPTN

  • www.nusabali.com-45-siswa-sman-2-amlapura-lolos-snmptn

AMLAPURA, NusaBali
SMAN 2 Amlapura sementara meloloskan 45 siswa melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Selasa (29/3).

Para siswa ini berasal dari tiga jurusan yakni jurusan Bahasa sebanyak 6 siswa, jurus IPS sebanyak 12 siswa, dan jurusan IPA sebanyak 27 siswa. Dari 45 siswa itu, hanya tiga siswa diterima di Fakultas Kedokteran (FK) masing-masing I Gede Nanda Alana Dani diterima di FK Undiksha Singaraja, Ni Ketut Arini dan Adhika Prasetio diterima di Program Studi Psikologi FK Universitas Udayana (Unud).

Kasek SMAN 2 Amlapura, Wayan Sugiana, mengungkapkan sebanyak 144 siswa atau 40 persen dari 358 siswa SMAN 2 Amlapura berhak ikut SNMPTN. Siswa yang mengikuti SNMPTN dari jurusan Bahasa sebanyak 22 siswa, jurusan IPS sebanyak 43 siswa, dan IPA sebanyak 79 siswa. Syarat diterima melalui SNMPTN berdasarkan nilai rapor siswa dan prestasi akademik yang dicapai secara konsisten dari semseter I hingga semester V. “Bisa saja ada penambahan kelulusan karena belum semua siswa melaporkan hasil SNMPTN yang diikutinya,” ungkap Wayan Sugiana, Rabu (30/3).

Wayan Sugiana mengingatkan para siswa memperhatikan pendaftaran kembali. Lulus SNMPTN tidak boleh ikut UTBK SBMPTN (ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri). Formasi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yakni sebanyak 40 persen jalur SNMPTN, 30 persen melalui SBMPTN, dan jalur mandiri sebanyak 30 persen. Jumlah siswa yang lulus SNMPTN tergantung dari akreditasi sekolah yang ditetapkan BAN SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah), banyaknya alumnus sekolah diterima di PTN, dan nilai IPK alumni yang menamatkan perguruan tinggi.

Wayan Sugiana menambahkan, nilai UTBK (ujian tulis berbasis komputer) SMAN 2 Amlapura tahun 2021 masuk peringkat keenam se-Bali dengan skor rata-rata 532,547. Tahun 2020, SMAN 2 Amlapura meraih skor 532,92 berada di peringkat ketujuh se-Bali, sehingga ada peningkatan prestasi satu tingkat. UTBK dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Pusat, hasil tes diolah kemudian muncul nilai rata-rata tiap sekolah.

Sementara SMA PGRI Amlapura meloloskan 18 siswa melalui SNMPTN. “Siswa yang lulus SNMPTN untuk kuliah di Unud dan Undiksha Singaraja,” jelas Kasek SMA PGRI Amlapura, I Ketut Jelantik. Sedangkan Kasek SMAN 1 Amlapura Ketut Marta Ariana belum menerima laporan kelulusan dari siswanya.  *k16

Komentar