nusabali

Sembilan Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Terbaru Turkish Airlines Mendarat di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-sembilan-maskapai-layani-penerbangan-ke-bali

Maskapai yang melayani penerbangan ke Bandara Ngurah Rai, meliputi Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Jetstar Asia, Scoot Tiger Air, KLM Royal Dutch Airlines, Malaysia Airlines, Air Asia, Qatar Airways, dan Turkish Airlines.

MANGUPURA, NusaBali

Maskapai yang melayani rute penerbangan langsung dari luar negeri terus bertambah. Total sudah ada sembilan maskapai yang melayani rute internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta. Terbaru adalah maskapai Turkish Airlines yang mendarat di Bandara Ngurah Rai, Selasa (29/3) malam.

Pendaratan perdana setelah sekalian lama terhenti akibat pandemi langsung disambut dengan penuh suka cita. Pada penerbangan perdananya maskapai tersebut mengangkut sebanyak 288 penumpang. Sesuai rencana, maskapai dengan kode penerbangan THY itu akan melayani tiga kali penerbangan dalam sepekan.

General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Herry AY Sikado, mengatakan maskapai Turkish Airlines berhasil mendarat perdana di Bandara Ngurah Rai pada Selasa pukul 19.41 Wita. Pesawat jenis Boeing 787-900 Dreamliner yang terbang dari Istanbul, Turki, itu mengangkut sebanyak 288 penumpang. Pesawat dengan nomor penerbangan THY 066 merupakan satu-satunya maskapai yang melayani rute Istanbul-Bandara Ngurah Rai.

“Turkish Airlines kembali melayani penerbangan internasioanl yang terbang secara reguler tiga kali dalam sepekan, yakni pada Selasa, Kamis, dan Minggu,” jelas Herry, Rabu (30/3).

Herry menjelaskan, Turkish Airlines memiliki kapasitas kursi sebanyak 300. Jika pada penerbangan perdana mengangkut sebanyak 288 penumpang, berarti terisi sampai 96 persen penumpang. Pesawat Turkish Airlines kembali ke menuju Istanbul pada Selasa malam pukul 21.00 Wita. Dalam penerbangan itu juga terisi sekitar 70 persen dari kapasitas yang ada.

“Tingkat keterisian kursi dalam pesawat menandakan animo pengguna jasa penerbangan di rute internasional sudah mengalami peningkatan. Hal ini juga tidak lepas dari sinergi para stakeholder menjaga kepercayaan para pengguna jasa transportasi udara,” sebut Herry.

Dengan bertambahnya satu lagi maskapai yang melayani penerbangan rute internasional ke Bandara Ngurah Rai, berarti kini total ada sembilan maskapai yang melayani rute penerbangan rute internasional. “Ini sebuah hal yang positif, kami sangat mengapresiasi masuknya sejumlah maskapai yang melayani rute internasional,” ucap Herry.

Untuk diketahui, sejak dibukanya penerbangan langsung rute internasional ke Bandara Ngurah Rai per 3 Februari 2022, Angkasa Pura I mencatat sudah ada sembilan maskapai yang melayani penerbangan ke bandara tersibuk kedua di Indonesia itu. Meliputi Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Jetstar Asia, Scoot Tiger Air, KLM Royal Dutch Airlines, Malaysia Airlines, Air Asia, Qatar Airways, dan terakhir asalah maskapai Turkish Airlines, yang mendarat perdana pada Selasa (29/3) malam.

Sementara, untuk rute yang dilayani masing-masing dari Bandara Narita (Jepang), Bandara Changi (Singapura), Bandara Melbourne (Australia), Bandara Sydney (Australia), Bandara Kuala Lumpur (Malaysia), Bandara Doha (Qatar), Bandara Istanbul (Turki).

Untuk rute Bandara Narita, Jepang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia yang mulai beroperasi pada 3 Februari 2022. Kemudian, untuk rute Bandara Changi, Singapura mulai dilayani per 16 Februari 2022 oleh maskapai Singapore Airlines. Setelah itu, maskapai lain menyusul untuk melayani rute tersebut, yakni Jetstar Asia dan Scoot Tiger Air mulai melayani per 4 Maret 2022, dan KLM Royal Dutch Airlines baru melayani rute yang sama per 9 Maret 2022.

Sementara, rute Sydney juga mulai dibuka per 4 Maret 2022 dan dilayani oleh Garuda Indonesia. Selanjutnya Malaysia Airlines melayani rute Kuala Lumpur pada 11 Maret 2022, Jetstar Asia rute Melbourne-Bandara Ngurah Rai pada 16 Maret 2022 dan disusul maskapai Air Asia Berhad pada 22 Maret 2022. Kemudian ada maskapai Qatar Airways yakni rute Doha- Bandara Ngurah Rai mulai per 27 Maret 2022. Maskapai terbaru yang mendarat di Bandara Ngurah Rai adalah Turkish Airlines yang mulai melayani rute internasional per 29 Maret 2022. *dar

Komentar