nusabali

Petani di Desa Geriana Kauh Tanam Padi Taun

  • www.nusabali.com-petani-di-desa-geriana-kauh-tanam-padi-taun

Petugas Damkar mengevakuasi ular di Banjar Jungsri, Desa/Kecamatan Bebandem, Karangasem, Senin (28/3) malam.

AMLAPURA, NusaBali

Petani di Desa Adat Geriana Kauh, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem tanam padi taun atau padi ketan. Tanam padi tahun sebagai usaha pelestarian warisan leluhur. Jenis padi ini termasuk langka. Petani buat bibit sendiri karena tak ada bibit padi taun di pasaran. Budidaya padi taun di lahan seluas 50 are.

Petani di Desa Adat Geriana Kauh, Wayan Mangku Sudia, mengaku menanam padi taun bersama sejumlah petani lainnya. Mangku Sudia tanam padi taun di Tempek Gintangan, Subak Bambang Biaung, Banjar Bambang Biuang, Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem. Ciri khas padi taun yakni bagian ujung bulir padi ada miang. Saat panen tangkai padi dipotong menggunakan ani-ani, dikemas tiap satu genggam tangan orang dewasa diikat menjadi satu seping. “Pohonnya lebih tinggi, panen dengan cara berdiri, padi dipotong dengan ani-ani (anggapan). Setelah seluruh bulir padi dipotong, jerami dibabat,” jelas Mangku Sudia, Selasa (29/3).

Mangku Sudia mengungkapkan, tidak banyak petani mengembangkan padi taun. Pengolahannya lebih rumit. Padi taun setelah panen wajib dijemur, kemudian ditumbuk secara tradisional untuk melepaskan kulit padi. Bendesa Adat Geriana Kauh, I Nyoman Subrata mengapresiasi para petani di Desa Adat Geriana Kauh masih bertahan menanam padi taun yang hampir punah. “Proses menghasilkan padi taun dengan padi biasa lebih lama. Setelah panen wajib membabat jeraminya,” ungkap Nyoman Subrata. Istimewanya, harga jual padi taun lebih mahal dari padi konvensional.

Nyoman Subrata berusaha meyakinkan petani agar lebih banyak lagi yang mengembangkan padi taun. Harapannya, kesulitan bibit padi taun bisa diatasi oleh petani yang masih tetap menyimpan hasil panennya untuk bibit. Menurutnya, padi tahun wajib dilestarikan di Desa Geriana Kauh karena terkait adanya Usaba Sri. Proses buat bibit diawali saat menggelar Usaba Emping pad bulan September. Tanam bibit di bulan Januari, perkiraan pada April-Mei sudah panen. Setiap tahun juga menggelar tari sakral Sang Hyang Dedari sebagai wujud syukur diberi kemakmuran.

Kabid Penyediaan dan Pengembangan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem, I Komang Cenik, mengakui padi taun atau padi ketan langka. Pemerintah tidak punya bibit untuk mengembangkan padi ketan, kecuali membeli dari petani. “Kami bisa kembangkan padi ketan asalkan ada subak mengusulkan buat demplot, minimal 20 are,” ungkap Komang Cenik. Padi ketan juga dikembangkan di Kecamatan Sidemen. *k16

Komentar