nusabali

Ratusan Siswa Disabilitas Terima KIA dari Disdukcapil

  • www.nusabali.com-ratusan-siswa-disabilitas-terima-kia-dari-disdukcapil

GIANYAR, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gianyar menerbitkan ratusan Kartu Identitas Anak (KIA)  untuk ratusan siswa disabilitas.

KIA diberikan langsung oleh Kepala Disdukcapil Gianyar Cokorda Gde Agusnawa kepada siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Gianyar, Selasa (29/3).

Cokorda Agusnawa menyatakan layanan disabilitas ini bersifat khusus. Ketika anak normal sudah mengurus secara mandiri, anak berkebutuhan khusus dilayani dengan khusus. “Karena persyaratan masuk sekolah harus punya akta dan KIA,” ujarnya.

Dikatakan, KIA juga sebagai syarat untuk mempermudah mencari Kartu Tanda Penduduk (KTP). “Kelebihannya bila anak-anak nanti sudah cukup umur 17 tahun, mereka yang sudah punya KIA untuk proses KTP tinggal foto saja, karena data ada di KIA,” ungkapnya.

Pemberian KIA di SLBN 1 Gianyar, secara simbolis diserahkan 44 kartu. Total KIA untuk SLBN tersebut sebanyak 232 kartu. “Ini bukti Dukcapil Gianyar memberikan perhatian khusus bagi anak disabilitas,” terangnya.

Siswa disabilitas lainnya, menyusul menerima KIA. “Bersamaan dengan pemotretan yang berumur 17 tahun ke atas. Pemberian KIA juga diperuntukkan bagi siswa asal luar Gianyar. “Ada siswa yang di luar daerah kami tetap bantu pengurusan baik KTP dan KIA. Kali ini kami utamakan karena menyangkut disabilitas,” ujarnya. *nvi

Komentar