nusabali

Wawali Arya Wibawa Terima Kunjungan Spesifik Komisi II DPR RI

Paparkan Inovasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-wawali-arya-wibawa-terima-kunjungan-spesifik-komisi-ii-dpr-ri

DENPASAR, NusaBali
Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa menerima kunjungan spesifik Komisi II DPR RI di Sewaka Dharma, Selasa (29/3).

Kedatangan rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal ini secara khusus memastikan optimalisasi pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Sewaka Dharma Kota Denpasar.  Seluruh rombongan bersama Wawali Arya Wibawa didampingi Kadis PMPTSP IB Benny Pidada Rurus, Kadisdukcapil Dewa Gde Juli Artabrata, dan Kadis Kominfos IB Alit Adhi Merta meninjau operasional MPP Sewaka Dharma. Hadir pula anggota DPR RI Dapil Bali AA Adhi Mahendra Putra.

Pada kesempatan tersebut, Wawali Arya Wibawa berbagi pengalaman dalam memimpin birokrasi mendampingi Walikota IGN Jaya Negara, serta inovasi dan strategi Pemkot Denpasar pada bidang pelayanan publik di masa pandemi Covid-19.

Wawali Arya Wibawa mengapresiasi dipilihnya Kota Denpasar sebagai lokasi kunjungan spesifik Komisi II DPR RI tentang pelayanan publik. Karena kunjungan spesifik ini menjadi kehormatan bagi Pemkot Denpasar sebagai ajang saling berbagi pengalaman dan informasi, sehingga momentum ini bisa menjadi embrio untuk mewujudkan optimalisasi pelayanan publik.

“Kita tentu sangat sepakat bahwa terwujudnya good governance dan optimalisasi pelayanan publik menjadi harapan besar dalam mengelola birokrasi dengan berbagai dinamika tuntutan layanan masyarakat,” kata Wawali Arya Wibawa.

Dikatakannya, situasi saat ini membawa manajemen pemerintahan ke dalam situasi volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA). Hal ini diakibatkan oleh tiga disruption, mulai dari digital disruption, millennial disruption, dan Covid-19 disruption.

“Kondisi yang serba tidak menentu, berubah dengan cepat memerlukan fleksibilitas serta pemahaman, sehingga mampu mendukung terciptanya pelayanan yang optimal bagi masyarakat,” katanya.

Wawali Arya Wibawa menjelaskan, MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar berdiri berdasarkan Perwali Nomor 5 Tahun 2018 tentang Mal Pelayanan Publik Sewakadarma. Sejak diresmikan empat tahun lalu, MPP Denpasar melayani 228 jenis layanan dengan melibatkan 8 Kementerian/Lembaga, sebanyak 8 badan layanan, BUMN, BUMD, dan swasta, serta sebanyak 8 OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Meski di masa pandemi saat ini, MPP Kota Denpasar terus berinovasi serta beradaptasi guna mewujudkan pelayanan optimal bagi masyarakat. Mulai dari Si Taring Dukcapil, Anjungan Dukcapil Mandiri, OSS, Perizinan Online, Sirekom, Tandatangan Digital. Transformasi digital pelayanan publik melalui Divos, aplikasi layanan publik, absen pegawai dan kinerja, dan inovasi lainnya.

Syamsurizal mengatakan, kunjungan ini bertujuan memastikan optimalisasi pelayanan publik di Kota Denpasar. Hal ini untuk memberikan dukungan kemudahan investasi. Sehingga upaya memulihkan perekonomian di masa pandemi ini dapat dimaksimalkan.

“Harapan kami, profesionalisme dan inovasi saat ini harus terus ditingkatkan, sehingga iklim investasi di Kota Denpasar dapat terus tumbuh, dan pelayanan publik terus ditingkatkan,” ujarnya.

Di akhir sesi, Wawali Arya Wibawa bersama pimpinan rombongan Syamsurizal bertukar cenderamata dan berfoto bersama. *mis

Komentar