nusabali

Pokir Dewan Dirancang Kembali Tahun Ini

  • www.nusabali.com-pokir-dewan-dirancang-kembali-tahun-ini

MANGUPURA, NusaBali
Pokok Pikiran (Pokir) Dewan kembali dirancang pada tahun 2022. Bahkan, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memastikan semua anggota DPRD Badung memperoleh pokir.

“Saya pastikan akan diberikan ke dewan pokir tersebut. Saat ini kami akan rancang kembali,” ujar Bupati Giri Prasta usai pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Badung Tahun 2022, Selasa (29/3).

Pokir merupakan aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota Dewan untuk diperjuangkan di pembahasan RAPBD. Pihaknya selaku pemerintah tetap akan memberikan transfer dana untuk penyaluran aspirasi masyarakat dengan DPRD. “Semua itu berkenaan dengan bantuan ketika DPRD Badung melaksanakan reses. Saat DPRD melaksanakan reses dan kita pemerintah merealisasikan, berarti masyarakat kan merasa bangga,” kata Bupati asal Desa Pelaga Kecamatan Petang ini.

Namun, Bupati Giri Prasta tidak menyebutkan berapa dana yang akan dikucurkan untuk pokir dewan tersebut. Yang jelas dirinya sudah menyarankan agar Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Badung I Made Wira Dharmajaya menghitung terkait dengan pokir yang akan diberikan. “Bappenda harus merancang dengan baik, sehingga semua bisa jalan. Kita lihat prioritas dan urgensi,” tegasnya.

Sementara, Kepala Bappenda Badung I Made Wira Dharmajaya, mengakui sebelumnya ada pemangkasan untuk anggaran pokir dewan. Rasionalisasi terjadi pada seluruh anggaran, termasuk di dewan yang salah satunya adalah pokir. “Rasionalisasi ini karena kita dibatasi oleh anggaran yang terbatas,” katanya.

Di sisi lain, pada musrenbang kali ini pemerintah di desa juga diminta tidak banyak membuat program. Pembuatan program diminta harus sesuai dengan anggaran dan kebutuhan, sehingga tidak ada program yang tidak berjalan, terutama program yang prioritas dan sifatnya wajib. *ind

Komentar