nusabali

Yayasan Werdhi Sila Kumara Silakarang Dirikan Poltek Jenjang Diploma 3

  • www.nusabali.com-yayasan-werdhi-sila-kumara-silakarang-dirikan-poltek-jenjang-diploma-3

GIANYAR, NusaBali
Yayasan Werdhi Sila Kumara di Banjar Adat Silakarang, Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati, Gianyar, berhasil mendirikan politeknik (poltek) jenjang diploma tiga.

Kampus ini diberi nama ‘Poltek Bali Maha Werdhi Internasional (BMWI)’. Poltek ini sah dibuka setelah Ketua Tim Pendiri Poltek BMWI Dr Drs I Nyoman Lodra Msi menerima SK dari Kemendikbudristek (Kementerian Pendidkan Kebudayaan Riset dan Teknologi) RI tentang pengesahan dan penetapan pendirian poltek tersebut.


SK itu diterima melalui Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII Denpasar Prof Dr I Nengah Dasi Astawa Msi, di Kantor LLDikti setempat, Senin (28/3). Usai menerima SK itu, I Nyoman Lodra mengatakan Poltek BMWI di Banjar Adat Silkarang dirintis tahun 2019 oleh para tokoh di Banjar Adat Silakarang yang peduli dengan tantangan generasi muda ke depan. Kampus ini pada tahap awal akan membuka tiga Program Studi (prodi) yakni Multimedia, Desain Komunikasi Visual, dan Perhotelan.

Dia menjelaskan, poltek ini dibuka mengingat banyaknya permintaan para orangtua siswa dan siswa lulusan SMA/SMK sederajat agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang diploma tiga. Pendirian poltek juga guna menjembatani kebutuhan lulusan SMK Werdhi Sila Kumara dan LPK Sun Glory (diploma dua) di bawah naungan Yayasan Werdhi Sila Kumara, Banjar Adat Silakarang. Para lulusan SMK ini sangat ingin bisa bersaing ke pasar kerja baik tingkat nasional dan internasional.

Nyoman Lodra menambahkan, Poltek BMWI didukung bangunan dilengkapi fasilitas representatif di atas 1,6 hektare. Lahan ini milik Banjar Adat Silarang, dan banjar adat ini sekaligus penaung yayasan. Proses perkuliahan melibatkan para dosen yang mumpuni di bidangnya. Antara lain dosen doktor dan magister dari ISI Denpasar, ISI Yogjakarta, Universitas Trisakti Jakarta, dan lain-lain

Doktor Kajian Budaya, Universitas Udayana (Unud), Denpasar ini menyebutkan, poltek ini didirikan juga karena ada daya dukung eksternal. Antara lain, kerja sama kemitraan antara yayasan dengan para pelaku industri, terutama manajemen hotel bintang lima. Selain itu, kampus ini berada di ‘zona emas’ antara kawasan wisata Kecamatan Sukawati dan Ubud sebagai destinasi wisata ternama di dunia. Selain itu, Bali dan Gianyar khususnya sangat terkenal sebagai daerah seni dan budaya yang menantang generasi muda untuk jadi insanb terdidik dari kampus vokasi.

Doktor asal Banjar Adat Silakarang, Desa Singapadu Kaler ini menambahkan, Poltek BMWI kini mematangkan persiapan sistem penerimaan mahasiswa baru tahun akademis 2022/2023, perkuliahan awal September 2022.

Pengambilan SK poltek tersebut disaksikan Ketua Yayasan Werdhi Sila Kumara, Banjar Adat Silakarang I Nyoman Joko Pariasa MPd, dan Sekretaris tim pendiri Dr I Made Darmada Mpd, dan anggota Dr Drs I Wayan Suwandi Msi, dan lainnya.

Kepala LLDikti Wilayah VIII Denpasar Prof Dr I Nengah Dasi Astawa Msi mengakui kampus poltek sebagaimana didirikan Yayasan Werdhi Sila Kumara ini, akan berprospek luar biasa. Karena kampus ini akan meluluskan orang yang siap terjun di pasar kerja atau mampu berusaha mandiri. Menurutnya, poltek merupakan kampus yang menghasilkan lulusan berkeahlian lengkap, baik technical skill, soft skill, hingga managerial skill. ‘’Para lulusan ini lah akan lebih siap menjawab tantangan zaman ke depan. Pasar kerja di Bali juga masih sangat membutuhkan lulusan vokasi,’’ jelas guru besar asal Jembrana ini.*lsa

Komentar