nusabali

Mobil Terguling dan Terbakar, Pengemudi dan Navigator Selamat

  • www.nusabali.com-mobil-terguling-dan-terbakar-pengemudi-dan-navigator-selamat

NEGARA, NusaBali
Kecelakaan yang cukup menegangkan mewarnai kegiatan latihan offroader Bali di Sirkuit Offroad Manistutu, Banjar Tunas Mekar, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana, Minggu (27/3) siang.

Salah satu mobil peserta sempat terguling hingga terbakar. Beruntung sang driver bersama navigatornya masih berhasil selamat.  Dari informasi yang dihimpun NusaBali, kecelakaan tersebut dialami salah satu driver Tim Jegeg Bali asal Kabupaten Tabanan. Insiden kecelakaan itu terjadi pada sekitar pukul 12.00 Wita. Saat itu, sang driver yang berusaha melewati salah satu tikungan tajam di sirkuit setempat, terguling ke kanan.

Tepat sebelum berhenti dengan posisi bagian sebelah kanan mobil mengahadap ke atas, tiba-tiba keluar api. Melihat kejadian tesebut, dari pihak panitia berama sejumlah warga lainnya langsung mengevakuasi sang driver bersama navigatornya. Termasuk melakukan pemadaman api dengan alat pemadam api ringan (APAR).

Pantia penyelenggara latihan yang juga pemilik Sirkuit Offroad Manistutu, I Ketut Master, 54, saat dikonfirmasi Minggu kemarin, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Sang driver bernama Krisna bersama navigator yang mengalami insiden itu, selamat tanpa mengalami luka serius. "Mereka selamat karena sudah langsung keluar dari mobil. Ketika kebakaran itu, kita juga sudah langsung padamkan api dengan APAR," ucapnya.

Menurut Master, insiden serupa sebenarnya biasa terjadi di dalam kegiatan mobil offroad. Karena itu, dalam setiap pelaksanaan latihan bersama ataupun event olahraga ekstrem ini, juga ada standar keamanan yang wajib dipenuhi panitia penyelenggara. Seperti menyediakan petugas kesehatan, mobil ambulans, termasuk APAR. "Ambulance juga kita siapkan. Tetapi yang mengalami kecelakaan tadi, tidak sampai dilarikan ambulans. Orangnya sehat. Setelah insiden tadi, yang bersangkutan kembali ikut latihan dengan mobil satunya," ujarnya.

Master mengatakan, kegiatan latihan yang diikuti para offroader se-Bali kemarin, dilaksanakan bertalian persiapan menyambut event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Offroad Adventure Extreme Seri II. Total ada 15 offroader Bali yang mengikuti latihan bersama. "Rencananya seri kedua nanti juga akan dilaksanakan di Bali. Tetapi kita belum tahu di mana lokasi pastinya. Apakah di Jembrana atau ada lokasi lain," jelas Master. *ode

Komentar