nusabali

Giliran Qatar Airways Mendarat Perdana di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-giliran-qatar-airways-mendarat-perdana-di-bandara-ngurah-rai

MANGUPURA, NusaBali
Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung kembali menerima satu maskapai yang melayani rute penerbangan internasional perdananya pasca pandemic Covid-19 melanda dunia.

Maskapai tersebut adalah Qatar Airways yang mulai mendarat pada, Minggu (27/3) sore. Pada penerbangan perdananya, maskapai tersebut menggunakan pesawat tipe Boeing 787-8 Dreamlier registrasi A7-BCC. General Manager Angkasa Pura I, Herry AY Sikado mengatakan Qatar Airways melayani kembali penerbangan rute Doha-Bandara Ngurah Rai. Pada pendaratan perdananya di Bandara Ngurah Rai, Minggu kemarin pukul 17.31 Wita mengangkut 222 orang dan dijadwalkan akan berangkat kembali menuju Doha pada tanggal 28 Maret 2022 pukul 01.05 Wita. "Berdasarkan jadwal regulernya, maskapai tersebut akan terbang setiap hari Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu untuk rute Doha-Denpasar sedangkan rute Denpasar-Doha pada hari Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu," jelas Herry kepada NusaBali, Minggu kemarin

Menurutnya, dengan kembali diisinya rute Doha yang terbang secara reguler dengan dilayani oleh maskapai Qatar Airways, hal ini menambah rute penerbangan internasional menjadi 6 rute, yaitu Narita (Jepang), Singapura, Melbourne, Sydney, Kuala Lumpur dan Doha. "Penerbangan ini sesuai jadwal reguler terbang setiap 4 kali dalam seminggu, kami sangat antusias atas penerbangan perdana ini. Di mana, maskapai Qatar Airways merupakan penerbangan satu-satunya yang melayani penerbangan rute Doha. Untuk itu sebagai sambutan istimewa kami berikan water salute pada pendaratan perdananya," sebut Herry.

Adapun kegiatan penyambutan water salute sudah rutin dilakukan pada penerbangan perdana internasional oleh personel tim Airport Rescue Fire Fighting PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai. Hal ini sebagai bentuk apresiasi dalam menyambut pembukaan koridor penerbangan internasional. Lebih lanjut Herry menjelaskan, terkait fasilitas di Bandara Ngurah Rai, sejak beroperasinya penerbangan internasional, pihaknya senantiasa mengevaluasi layanan agar dapat terbang dengan aman dan nyaman utamanya fasilitas yang menyangkut implementasi protokol kesehatan serta kelancaran alur kedatangan maupun keberangkatan bersama pemangku kepentingan.

"Hal ini tidak menutup kemungkinan peluang maskapai lainnya untuk membuka rute baru, seiring dengan pelonggaran aturan pelaku perjalanan luar negeri dan menjadi tugas kami memastikan semua dapat berjalan lancar, menjalankan aturan pemerintah sebagai pintu gerbang masuk Pulau Bali dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19," jelas Herry. Sebagai informasi dengan mendaratnya maskapai Qatar Airways, catatan statistik lalu lintas angkutan udara di Bandara Ngurah Rai khusus penerbangan internasional periode Maret 2022 telah melayani sebanyak 21.253 penumpang dengan rincian kedatangan sebanyak 13.671 penumpang dan keberangkatan 7.582 penumpang serta pergerakan pesawat udara mencapai 192.

Untuk diketahui, sejak dibukanya penerbangan langsung rute internasional ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung per 3 Februari 2022 lalu, Angkasa Pura I mencatat sudah ada 8 maskapai yang melayani penerbangan ke bandara tersibuk ke dua di Indonesia itu.

Ada pun kedelapan maskapai yang melayani rute penerbangan langsung dari luar negeri ke Bandara Ngurah Rai sejak 3 Februari lalu itu, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Jetstar Asia, Scoot Tigerair, KLM Royal Dutch, Malaysia Airlines, Air Asia dan Qatar Airways. Sementara, untuk rute yang dilayani ada 6 rute, masing-masing dari Bandara Narita (Jepang), Bandara Changi (Singapore), Bandara Melbourne (Australia), Bandara Sydney (Australia), Bandara Kuala Lumpur (Malaysia) dan Bandara Doha (Qatar)

Untuk rute Bandara Narita, Jepang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia yang mulai beroperasi pada 3 Februari lalu. Kemudian, untuk rute Bandara Changi, Singapore mulai dilayani per 16 Februari oleh maskapai Singapore Airline. Setelah itu, maskapai lain menyusul untuk melayani rute tersebut yakni Jetstar Asia dan Scoot Tigerair mulai melayani per 4 Maret dan KLM Royal Dutch baru melayani rute yang sama per 9 Maret.

Sementara, rute Sydney juga mulai dibuka per 4 Maret dan dilayani oleh Garuda Indonesia. Selanjutnya Malaysia Airline melayani rute Kuala Lumpur pada 11 Maret lalu, Jetstar Australia rute Melbourne-Bandara Ngurah Rai pada 16 Maret dan disusul maskapai Air Asia Berhand pada 22 Maret. Nah, maskapai yang melayani rute terbaru adalah Qatar Airways yakni rute Doha- Bandara Ngurah Rai mulai per 27 Maret. *dar

Komentar