nusabali

Presiden IPU Duarte Pasecho Berwisata ke Ubud

Belanja Baju Bali, Hirup Udara Segar Monkey Forest

  • www.nusabali.com-presiden-ipu-duarte-pasecho-berwisata-ke-ubud

Mudah-mudahan kunjungan ini bisa menjadi momentum pemulihan ekonomi dan pembukaan pariwisata di Bali khususnya. (Putu Supadma Rudana)

GIANYAR, NusaBali

Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pasecho berkunjung ke kawasan wisata Ubud, Gianyar, Jumat (25/3) pagi. Duarte ditemani Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemenm (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana. Selain rombongan, Duarte juga mengajak putranya.

Dalam kunjungaannya, Duarte berbelanja sejumlah baju oleh-oleh khas Bali pada pedagang di Pasar Ubud yang sementara berjualan di Jalan Kajeng, Kelurahan Ubud.

Duarte dan rombongan menghirup udara segar di Objek Wisata Wenara Wan, Monkey Forest di Desa Adat Padangtegal, Kelurahan/Kecamatan Ubud. Mereka berkeliling sekitar 30 menit, menyusuri kawasan hutan kera ekor panjang yang masih asri. Sesekali dia memperhatikan kera yang mendekat kemudian memberikan pakan. Duarte mengaku senang bisa berwisata menghirup udara segar, setelah dua Minggu sebelumnya mengikuti sidang. "After one week inside hotel, now I enjoy the nature (setelah seminggu di dalam hotel, sekarang saya menikmati alam)," ungkapnya.

Duarte mengatakan baru bisa kembali ke Bali setelah dua tahun dihantam pandemi Covid-19. Kesempatan sidang IPU di Bali pun dimanfaatkan sambil berwisata. Meski Forum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang digelar di Nusa Dua, Badung, Bali sudah selesai pada, Kamis (24/3), Duarte mengaku tinggal lebih lama sehari di Bali.

Dengan delihat langsung kunjungan turis asing ke objek wisata ini, Duarte yakin pariwisata dan ekonomi Bali bisa bangkit kembali. "Bali wiil be great. Bali is amazing place. We invite every body, come to Bali. Please come to Bali. Visit Indonesia, visit Bali (Bali akan menjadi besar. Bali adalah tempat yang menakjubkan. Kami mengundang setiap orang, datang ke Bali. Silakan ke Bali. Kunjungi Indonesia, kunjungi Bali," undangnya.

Sebagaimana diketahui, Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana adalah salah seorang yang membawa Forum IPU-144 diselenggarakan di Bali, Sabtu-Kamis, 19 - 24 Maret 2022. Di sela-sela acara itu, Supadma Rudana mengatakan delegasi dari 115 negara seluruh dunia telah hadir di Bali. "Kita meski bersyukur karena ini merupakan awal. Mudah-mudahan kunjungan ini bisa menjadi momentum pemulihan ekonomi dan pembukaan pariwisata di Bali khususnya," jelasnya.

Politisi Partai Demokrat ini yakin Presiden IPU Duarte Pasecho yang memiliki 178 anggota dari berbagai belahan dunia ini bisa mempromosikan Bali diluar. Sementara kunjungannya ke Monkey Forest diharapkan dapat memahami konsep Tri Hita Karana. Bagaimana manusia bisa harmonis dengan Tuhan, dengan sesama manusia dan dengan lingkungan. "Kita ingin tunjukkan bahwa Bali dekat dengan alam. Ada pura, lihat bagaimana alam hidup melekat dan dekat dengan manusianya," jelasnya. Dengan konsep filosofi Bali, Supadma Rudana berharap Bali bisa memberi sumbangsih pada dunia untuk mengawal perubahan iklim perdamaian, dan isu terkait lingkungan.

GM Monkey Forest Padangtegal Ubud Nyoman Sutarjana menjelaskan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara saat ini mulai ada kenaikan. "Ada penambahan kira-kira 30% dari sebelumnya, karena sebelumnya pure kita mengandalkan domestik dan wisman yang memang sudah tinggal di Bali. Sejak dibuka penerbangan internasional ke Bali, mulai ada wisatawan mancanegara yang baru datang ke Bali berkunjung ke sini," jelasnya. Ketika sebelumnya hanya sekitar 50 orang wisatawan mancanegara yang berkunjung per hari. Kini jumlahnya meningkat antara 100 sampai 150 orang wisman per hari. "Ini berkat kebijakan pemerintah membuka bandara (penerbangan internasional), voa dan dihapuskan karantina," ujarnya. Nyoman Sutarjana berharap kondisi pariwisata Bali semakin membaik, sehingga berdampak pada perbaikan perekonomian di Bali. *nvi

Komentar