nusabali

BPBD Jembrana Sedot Genangan Sisa Banjir di Pengambengan

  • www.nusabali.com-bpbd-jembrana-sedot-genangan-sisa-banjir-di-pengambengan

NEGARA, NusaBali
Banjir yang sempat terjadi di wilayah Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (20/3) lalu, masih menyisakan genangan air di halaman beberapa rumah warga setempat.

Untuk menangani genangan air itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana melakukan penyedotan pada Selasa (22/3). Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jembrana I Putu Agus Artana, mengatakan wilayah Desa Pengambengan sebelumnya kebanjiran pada  Minggu (20/3) sore. Di samping karena hujan yang cukup deras, musibah banjir di Pengambengan itu diperparah air yang meluap dari sejumlah drainase dari hulu yang bermuara ke desa pesisir tersebut. “Memang di sana langganan banjir. Hampir setiap terjadi hujan deras selalu banjir,” ujarnya.

Saat terjadi banjir pada Minggu sore lalu, sambung Agus Artana, tidak ada korban jiwa. Namun dalam musibah banjir tersebut dilaporkan ada sekitar 400 kepala keluarga yang rumahnya terendam air. Genangan air di sejumlah rumah warga itu sudah ada yang surut. Namun di beberapa lokasi, tepatnya di wilayah Banjar Kelapa Balian, ada beberapa rumah yang masih tergenang air hampir setinggi 40 centimeter. “Air masih menggenang karena lokasinya rendah dan tidak ada saluran pembuangan air. Makanya kami turun melakukan penyedotan,” ucap Agus Artana.

Menurut Agus Artana, untuk menyedot air di beberapa rumah warga itu, dikerahkan 3 mesin penyedot. Penyedotan dilakukan mulai pagi hingga siang. Namun untuk menyedot seluruh genangan air di beberapa pemukiman warga itu tidak cukup sehari. “Karena airnya cukup banyak, kemungkinan baru akan habis disedot dua sampai tiga hari ke depan. Itu pun jika hujan tidak kembali turun. Jadi besok (hari ini) juga kami masih akan lakukan penyedotan,” kata Agus Artana.

Dari pemetaan BPBD Jembrana, ada beberapa wilayah langganan banjir di Jembrana. Selain di Desa Pengambengan tersebut, beberapa wilayah langganan banjir di antaranya adalah Banjar Tembles, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, wilayah Lingkungan Awen, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara. Kemudian di timur Pasar Inpres Negara, Lingkungan Satria, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, di kawasan Kantor KPU Jembrana dan seputar kuburan China yang sama-sama berada di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, wilayah Banjar Sebual, Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, wilayah Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, wilayah Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, wilayah Sumbersari, Desa/Kecamatan Melaya, dan di depan Puskesmas II Mendoyo di Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo. *ode

Komentar